Monday, 15 Syawwal 1443 / 16 May 2022

Al Jazari, Penemu Muslim yang Ciptakan Robot Pertama Dunia

Selasa 27 Apr 2021 01:37 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko

Al Jazari

Al Jazari

Ismail al Jazari meletakkan dasar untuk teknik modern, hidrolika, dan robotika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Air mancur yang dapat diprogram untuk dinyalakan dan dimatikan. Ini hanyalah beberapa dari ciptaan luar biasa dari penemu Muslim abad ke-12 Ismail al Jazari, yang meletakkan dasar untuk teknik modern, hidrolika, dan robotika.

Selain itu, ia juga membuat mesin praktis termasuk alat penarik atau pemompa air yang digunakan oleh para petani selama berabad-abad.

Baca Juga

Al Jazari bernama lengkap Abu al-Izz Ismail ibn al Razzaz al Jazari, yang lahir pada tahun 1136 di Diyarbakir di tempat yang sekarang menjadi Turki bagian tengah-selatan. Ia adalah putra dari seorang perajin yang rendah hati. Kelahirannya berada dalam konteks masa kekacauan politik akibat perebutan kekuasaan lokal serta efek Perang Salib.

Al Jazari bertugas sebagai insinyur untuk melayani penguasa daerah, Artuqids. Dinasti ini pernah memperluas kekaisarannya ke Suriah. Dalam perjalanan hidup al Jazari, bagaimanapun, kekuatan Artuqid berada di bawah kekuasaan dinasti Zangid tetangga yang lebih kuat, dan kemudian masih oleh penerus pahlawan Muslim, Saladin.

Terlepas dari pergolakan Perang Salib, dan hubungan yang bergolak antara kekuatan Muslim yang berbeda, kehidupan insinyur yang brilian dihabiskan dengan damai untuk melayani beberapa raja Artuqid, untuk siapa dia merancang lebih dari seratus perangkat cerdik.

 

 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA