Senin 26 Apr 2021 18:42 WIB

Polri: tidak Ada Tempat Bagi KKB Papua

Polri pastikan mengejar dan memburu KKB penembak Kabinda Papua.

Rep: Ali Mansur/ Red: Bayu Hermawan
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Rusdi Hartono.
Foto: Antara
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Rusdi Hartono.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Rusdi Hartono menegaskan Polri dan TNI akan terus mengejar Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) penembak Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Papua Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha Karya. Rusdi juga memastikan petugas di lapangan bekerja maksimal untuk memberangus KKB yang kerap membuat teror tersebut.

"Tentunya TNI-Polri terus bekerja secara optimal melakukan pengejaran, penangkapan, terhadap kelompok kriminal bersenjata. Yang pasti tidak ada tempat bagi kelompok kriminal bersenjata ini di tanah Papua," tegas Rusdi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (26/4).

Baca Juga

Terkait adanya peristiwa penembakan tersebut, Rusdi juga memastikan tidak dapat menyurutkan TNI-Polri beserta instansi lainnya untuk menyelesaikan berbagai masalah yang menyangkut dengan KKB. Kemudian, kata Rusdi, pihaknya juga tetap menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat atau Kamtibmas di Papua 

"(Kamtibmas) yang akan diperhatikan oleh aparat keamanan di sana. Setelah banyak korban kemarin beberapa hari kebelakang ini itu pun menjadi perhatian dari aparat keamanan di sana," katanya.

Sebelumnya, penembakan terhadap Kabinda Papua Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha Karya terjadi di sekitar Kp Daungbet,  Distrik Beoga Kabupaten Puncak, Papua. Kronologisnya, sekitar pukul 09.20 WIT, Kasatgas Elang, Kasatgas Delta, Kabinda Papua, dua personil Bantek Elang, dua personil Timsus Elang, dua personil Timsus Delta, serta dua personil Koramil berangkat ke Kp. Dambet. 

Mereka berangkat ke TKP menggunakan delapan sepeda motor untuk melaksanakan observasi lapangan serta menentukan lokasi titik ambush pasukan. Pukul 15.50 WIT, diperoleh informasi terjadi kontak tembak antara Rombongan dengan KSP di Kp. Dambet. 

Kemudian, pukul 16.00 WIT, Tim Satgas Elang dan Delta melaks evakuasi ke lokasi kontak Berjalan Kaki. Berdasarkan laporan HT 1 org Korban terkena tembakan di bagian kepala atas nama Brigjen TNI Putu Dani. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement