Senin 26 Apr 2021 16:48 WIB

Tuchel Pastikan Kovacic Absen Saat Chelsea Hadapi Madrid

Mateo Kovacic pernah memperkuat Real Madrid.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Mateo Kovacic
Foto: EPA-EFE/FACUNDO ARRIZABALAGA
Mateo Kovacic

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Para penggemar Chelsea harus bersabar untuk bisa menikmati aksi Mateo Kovacic. Gelandang pengatur serangan Chelsea ini tidak aka bermain saat the Blues mengunjungi markas Real Madrid pada leg pertama semifinal Liga Champions.

Pelatih Chelsea Thomas Tuchel memastikan hal itu. Ia enggan gegabah memakai jasa Kovacic pada laga di Stadion Alfredo Si Stefano, Madrid, Rabu (28/4) dini hari WIB.

Baca Juga

Sebelumnya gelandang asal Kroasia ini mengalami cedera otot. Ia tertatih-tatih saat terlibat pada sesi latihan terakhir jelang duel Chelsea kontra FC Porto pada leg kedua babak delapan besar Liga Champions. Setelahnya, Kovacic absen di empat pertandingan beruntun. Tuchel menerangkan, anak asuhnya belum berlatih secara penuh.

Tuchel memahami pentingnya partai ini bagi Kovacic secara personal. Pada masa lalu jebolan akademi Dinamo Zagreb itu pernah berkostum Los Blancos. Namun ia tak mau membuat kesalahan fatal dengan membiarkan sang gelandang menjadi penonton di Spanyol.

"Mudah-mudahan dia bisa kembali saat kami melawan Fulham, tetapi dia belum berlatih bersama tim. Dia sangat senang bakal menghadapi rekan setimnya, dan dia pemain krusial bagi kami," kata Tuchel, dikutip dari laman resmi Chelsea, Senin (26/4).

Sang arsitek menggambarkan situasi dilema yang dihadapinya. Di satu sisi, ia mengetahui masa lalu Kovacic.

Tapi di sisi lain, ia harus melihat kondisi timnya. Dengan tegas ia memilih yang terbaik untuk the Blues. 

Oleh karenanya, Tuchel hanya memiliki dua nama tersisa di sektor gelandang tengah. Mereka adalah N'Golo Kante dan Jorginho.

Eks juru taktik Paris Saint Germain juga membuat keputusan penting di area lain. Ia bakal kembali memainkan Cesar Azpilicueta di sisi kanan dalam formasi tiga bek.

Sebelumnya saat berhadapan dengan West Ham United, Azpi jadi bek sayap kanan. Itu karena ia membutuhkan bek tengah jangkung demi meredam bola atas yang sering jadi kekuatan the Hammers.

Kini Azpilicueata kembali menjadi palang pintu the Blues dalam formasi 3-4-2-1, menggeser Andreas Christensen ke bangku cadangan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement