Senin 26 Apr 2021 14:07 WIB

Psikolog: Stres Bikin Anak Sulit Diajak Kerja Sama

Guna mencegah stres, orang tua dianjurkan ajak anak mengikuti kegiatan menyenangkan.

Stres pada anak bisa membuatnya sulit diajak kerja sama. Foto ilustrasi anak marah.
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Stres pada anak bisa membuatnya sulit diajak kerja sama. Foto ilustrasi anak marah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ramadhan di tengah pandemi memiliki tandangan tersendiri bagi anak-anak. Menurut Psikolog Anak, Fathya Artha Utami, M.Psi, ruang gerak yang terbatas, pilihan kegiatan yang cenderung monoton, ditambah minimnya interaksi dengan teman bisa menjadi faktor anak merasakan stres. Karena itu, stres pada anak bisa berpengaruh pada emosi yang tidak stabil yang bisa terlihat dari perilaku anak menjadi sulit diajak bekerja sama.

"Hal ini dapat menjadi tantangan bagi orangtua dalam melakukan ruitinitas bersama anak, misalnya kegiatan makan yang menjadi kunci utama dalam meningkatkan imunitas anak terutama di bulan Ramadan,” kata Fathya kata Arif dalam peluncuran program BACA dan webinar bertema 'Dukung Anak Hebat Berliterasi dengan Asupan Gizi Seimbang dan Pola Asuh Orang Tua yang Baik', akhir pekan lalu.

 

Untuk mengatasi situasi tersebut, Fathya menyarankan agar anak diberikan kegiatan yang beragam dan seimbang antara kegiatan yang menggunakan gawai dengan kegiatan offline. Sebagai alternatif, anak dapat dikenalkan dengan aktivitas membaca yang menyenangkan.

“Membaca mengasah kemampuan bahasa anak untuk dapat memahami makna dibalik sebuah kata melalui konteks cerita yang dibaca," kata dia.

Karena itu, kegiatan membaca dapat memperkaya kosakata dan meningkatkan kemampuan berbahasa anak. Selain itu, kegiatan membaca membantu orang tua dalam mengasah imajinasi, empati, dan kemampuan anak dalam menyelesaikan masalah.

Membaca menurut dia juga bisa menjadi sarana hiburan untuk anak sekaligus memperluas wawasannya. "Selain untuk menstimulasi pertumbuhan anak, aktivitas membaca yang dilakukan bersama orangtua juga bisa menjadi momen indah untuk mempererat hubungan kasih sayang antara orangtua dan anak,” tambah Fathya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement