Friday, 20 Zulhijjah 1442 / 30 July 2021

Friday, 20 Zulhijjah 1442 / 30 July 2021

Rumah Kru KRI Nanggala 402 di Bogor Mulai Didatangi Pelayat

Senin 26 Apr 2021 13:42 WIB

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Andi Nur Aminah

Dandim 0606 Kota Bogor Kolonel Inf Roby Bulan (kiri), Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro (tengah) dan Danrem 061 Suryakencana Brigjen TNI Ahmad Fauzi (kanan) di rumah duka Letkol Laut (E) Irfan Suri, Senin (26/4).

Dandim 0606 Kota Bogor Kolonel Inf Roby Bulan (kiri), Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro (tengah) dan Danrem 061 Suryakencana Brigjen TNI Ahmad Fauzi (kanan) di rumah duka Letkol Laut (E) Irfan Suri, Senin (26/4).

Foto: Republika/Shabrina Zakaria
Sejumlah kerabat dan anggota TNI berdatangan untuk melakukan pengajian.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Suasana duka menyelimuti rumah salah satu kru KRI Nanggala 402, Letkol Laut (E) Irfan Suri yang bertempat di perumahan Bogor Nirwana Residence Cluster Harmony 2, Desa Sukamantri, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Senin (26/4). Pantauan Republika.co.id di lokasi, sejumlah kerabat dan anggota TNI berdatangan untuk melakukan pengajian.

Selain itu, Danrem 061 Suryakencana Brigjen TNI Ahmad Fauzi, Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro, dan Dandim 0606 Kota Bogor Kolonel Inf Roby Bulan turut hadir melayat. Belasan karangan bunga terlihat berjajar di depan rumah duka.

Baca Juga

Usai melayat, Danrem 061 Suryakencana, Brigjen TNI Ahmad Fauzi menyampaikan duka cita dan belasungkawa atas gugurnya 53 awak KRI Nanggala 402. “Kami menyampaikan turut berduka cita dan berbelasungkawa yang sedalam-dalamnya. Semoga semua arwah dari 53 orang itu diterima oleh Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, dalam pengabdian kepada NKRI,” kata Fauzi, Senin (26/4).

Lebih lanjut, dia mengatakan, seluruh rekan-rekan dari TNI dan Polri memberikan penghormatan kepada seluruh kru KRI Nanggala 402 yang sudah mengabdikan diri dalam penugasan untuk kokoh dan tegapnya NKRI.

Sementara itu, terkait pemakaman almarhum Letkol Laut Irfan Suri, Fauzi mengaku ada dua kemungkinan. Jika kapal selam bisa diangkat, maka almarhum bisa dimakamkan. Namun, ada juga kemungkinan seluruh kru yang gugur tetap berada di laut Bali.

Jika dimakamkan di Bogor, lanjutnya, ada kemungkinan almarhum dimakamkan di Taman Makam Pahlawan. “Ada dua kemungkinan, kami masih belum tau yang jelas TNI-Polri akan memberikan yang terbaik. Mereka adalah pahlawan, yang jelas mereka sangat layak untuk dimakamkan di Taman Makam Pahlawan. Mungkin kalau di Bogor kami akan mendukung sepenuhnya secara militer,” jelasnya.

Baca juga : Prabowo Beri Anak Awak KRI Nanggala Beasiswa Hingga Kuliah

Diketahui, almarhum meninggalkan seorang istri beserta tiga orang anak yang berusia 13 tahun, 7 tahun, dan 2 tahun. “Kami juga berdoa kepada keluarga almarhum semoga diberikan kesehatan, kesabaran, ketabahan, dan keyakinan untuk tetap melanjutkan hidup,” harapnya.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA