Senin 26 Apr 2021 13:27 WIB

Chloe Zhao, Wanita Asia Pertama jadi Sutradara Terbaik Oscar

Zhao membawa pulang piala Oscar sebagai sutradara terbaik untuk film Nomadland.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Friska Yolandha
Chloe Zhao, winner of the awards for best picture and director for
Foto: AP/Chris Pizzello/Pool AP
Chloe Zhao, winner of the awards for best picture and director for

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Chloe Zhao berhasil membawa pulang piala Oscar 2021 sebagai sutradara terbaik untuk filmnya Nomadland. Sutradara kelahiran China tersebut menjadi wanita Asia pertama yang berhasil memenangkan kategori itu di Academy Awards.

Zhao lahir di China dan tinggal di Beijing sampai usia 14 tahun, lalu dia melanjutkan studinya ke sekolah asrama di London dan menyelesaikan sekolah menengah di Los Angeles.

Tetapi momen besar Zhao tersebut tidak bisa disaksikan langsung oleh warga China, sebab pemerintah China melarang televisi menyiarkan perhelatan Oscar. Zhao secara pribadi juga mendapat gelombang kritik dari publik Beijing lantaran dituding menghina China di masa lalu.

Pemirsa TV Hong Kong juga tidak dapat menonton secara real time karena TVB menolak menyiarkan Academy Awards untuk pertama kalinya selama lebih dari 50 tahun. TVB, yang menyiarkan Oscar setiap tahun sejak 1969, mengatakan tidak akan menayangkan Oscar karena alasan komersial.

Keputusan untuk tidak menyiarkan Oscar telah menimbulkan kekhawatiran tentang berkurangnya kebebasan di Hong Kong, yang telah mengambil jalur otoriter sejak China memberlakukan undang-undang keamanan nasional tahun lalu sebagai tanggapan atas protes pro-demokrasi.

Di tengah pusaran kritik, dalam pidato kemenangannya Zhao malah membangkitkan kenangan indah ketika masa kecilnya di China. Ia menceritakan permainan yang dimainkan dengan ayahnya, seperti mencoba menghafal puisi klasik China. 

Salah satu puisi klasik itu berjudul “Three Characters Classic” yang isinya menyatakan bahwa setiap bayi yang lahir ke dunia pada dasarnya membawa kebaikan.

"Saya masih sangat meyakini nilai-nilai dari puisi itu. Meskipun terkadang, mereka tampak seperti kebalikannya, tapi saya selalu menemukan kebaikan pada orang-orang yang saya temui dimanapun saya berada di dunia ini,” jelas Zhao seperti dilansir dari Reuters, Senin (26/4).

Sebelum mendapat penghargaan Oscar, Zhao telah menerima penghargaan sebagai sutradara terbaik dalam ajang Directors Guild of America, Golden Globes, BAFTA, dan beberapa kelompok kritikus film.

Film Nomadland diadaptasi dari buku nonfiksi "Nomadland: Surviving America in the Twenty-First Century" karya Jessica Bruder. Film ini berkisah tentang Fern (Frances McDormand) yang harus kehilangan pekerjaannya di US di Gypsum Nevada, setelah perusahaan tersebut resmi ditutup. Kematian suaminya beberapa bulan lalu juga kian membuatnya terpukul.

Tak ingin berkutat dengan kesedihan, Fern akhirnya memutuskan untuk menjual barang-barang di rumahnya. Hasil penjualan itu kemudian dibelikan sebuah mobil van, dan ia pun mengawali perjalanan lintas negara. Mengawali hidupnya yang baru.

Nomadland tayang perdana di Venice Film Festival pada September 2020, memenangkan Golden Lion. Film tersebut dibuka di AS di bioskop IMAX tertentu pada 29 Januari 2021 sebelum diputar di bioskop dan streaming secara bersamaan di platform Hulu Disney pada 19 Februari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement