Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Koiyudh

Fitur Baru Youtube Buat Si Irit Kuota

Teknologi | Monday, 26 Apr 2021, 06:07 WIB
Sumber: StockSnap/Pixabay

Youtube dikabarkan telah menambahkan fitur baru untuk lebih memudahkan pengguna yang ingin irit kuota. Opsi baru ini sudah hadir di aplikasi Android juga iOS. Pengguna hape atau tablet katanya sih bakal makin mudah mengontrol resolusi konten supaya lebih ramah paket data.

YouTube sebetulnya sudah punya mode 'auto'. Ia otomatis mengatur resolusi video tergantung pada kecepatan jaringan internet yang kita miliki. Kita pun selama ini sudah bisa memilih manual resolusi konten langsung di setelan, dari 144p sampai 1080 p.

Namun, kini lewat fitur baru, klaim Youtube, pengguna punya opsi lebih simpel. Fitur itu namanya Data Saver. Dengan pilih ini, kualitas tayangan hanya akan mentok di 480 piksel. Yap, resolusi ini memang paling aman kalau tidak mau paket data terkuras banyak.

Satu fitur lain yang juga ditambahkan Youtube adalah mode Higher Picture Quality. Buat kita yang pakai paket data, tanpa nonwifi, opsi ini bikin tayangan mentok di kualitas 720 piksel. Memang pengaruhnya menurutku nggak signifikan banget. Mengingat fitur sebelumnya juga bisa mengatur resolusi dengan mudah. Tapi, tampaknya bikin lumayan lebih simple sih.

Sumber: The Verge

Karena penasaran aku pun coba menjajal fitur baru ini di iPhone. Tapi saat aku telusuri, entah kenapa, belum kelihatan opsinya yah di aplikasi Youtube versi iOSku. Sudah aku update juga kok versi aplikasinya ke versi 16.5.4 dari Appstore.

Sampai tulisan ini aku buat, di layar aplikasi Youtube-ku masih hanya ada opsi lama saja. Dalam salah satu video misalnya, aku coba klik "setelan". Namun, yang muncul hanya pilihan "otomatis" dengan deretan di bawahnya opsi resolusi dari "1080p" sampai "144p".

Tidak tampak sama sekali opsi yang terlihat dalam gambar contoh tangkapan layar di atas. Mungkin ada yang salah, atau memang layanannya belum untuk semua orang/negara. Nanti aku coba kulik-kulik lagi deh. Semoga bukan karena aku gaptek yah... :)

*Sumber: The Verge, Macrumours

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image