Thursday, 19 Zulhijjah 1442 / 29 July 2021

Thursday, 19 Zulhijjah 1442 / 29 July 2021

Ganggu Langkah Atletico Juara, Ini Kata Pelatih Bilbao

Senin 26 Apr 2021 11:25 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Pelatih kepala Athletic Bilbao Marcelino Garcia Toral.

Pelatih kepala Athletic Bilbao Marcelino Garcia Toral.

Foto: EPA-EFE/Alejandro Garcia
Bilbao mengalahkan sang pemuncak klasemen sementara.

REPUBLIKA.CO.ID, BILBAO -- Athletico Bilbao sukses mengejutkan pemuncak klasemen sementara La Liga, Atletico Madrid. Menerima kunjungan Los Rojiblancos di Stadion San Mames, Bilbao sukses menggasak tamunya tersebut, 2-1, pada jornada ke-33 La Liga, Senin (26/4) dini hari WIB. Bahkan, saat laga baru berjalan sembilan menit, Bilbao sudak mampu mencatatkan keunggulan atas El Atleti. 

Adalah gol tandukan Alex Berenguer yang mampu merobek gawang tim tuan tamu. Los Rojiblancos akhirnya bisa menyamakan kedukan lewat gol Stefan Savic pada menit ke-77. 

Namun, kondisi hasil imbang itu hanya bertahan selama sembilan menit. Inigo Martinez berhasil membawa Bilbao unggul pada menit ke-86. Gol sundulan Martinez usai memanfaatkan sepak pojok itu pun sekaligus menjadi gol terakhir di laga tersebut. Kemenangan ini menjadi kemenangan pertama Bilbao setelah mencatatkan nirkemenangan dalam delapan laga sebelumnya, termasuk saat menyerah di dua laga final Copa del Rey. 

Bilbao menyerah 0-1 di tangan Real Sociedad kala berhadapan di partai final Copa del Rey musim 2019/2020, yang mengalami penundaan lantaran pandemi Covid-19 dan baru digelar pada awal bulan ini. 

Tidak berhenti sampai di situ, Bilbao juga harus mengakui keunggulan Barcelona, 4-0, di partai final Copa del Rey musim ini, pertengahan bulan ini. Dua kegagalan memanfaatkan kesempatan terbesar untuk meraih titel Copa de Rey ini ternyata menjadi pelajaran berharga buat Bilbao. 

''Dua partai final telah mengkondisikan tim ini begitu besar dalam semua hal. Baik dari cara kami bertindak atapun cara kami memberikan respon dalam menghadapi permainan lawan. Bahkan, di dalam beberapa laga, setelah partai final, kami berhak mendapatkan kemenangan, alih-alih hasil imbang,'' kata pelati Bilbao, Marcelino Toral, seperti dikutip Cadena Ser, Senin (25/4). 

Tidak hanya itu, Marcelino juga menyebut, kemenangan atas pemuncak klasemen sementara tentu saja makin mendongkrak kepercayaan diri anak-anak asuhnya. Kemenangan ini, tutur Marcelino, layak didapatkan para penggawa Bilbao setelah tampil begitu apik di sepanjang laga.

Kini, eks pelatih Valencia itu berharap, kemenangan atas Atletico Madrid ini bisa menjadi momentum buat Los Leones untuk memperbaiki posisi di papan klasemen sementara, terlebih pasca kegagalan Bilbao memetik kemenangan di enam partai La Liga sebelumnya. Mengumpulkan 41 poin dari 32 laga, Bilbao memang masih tercecer di peringkat ke-10 klasemen sementara. 

''Kemenangan atas pemuncak klasemen sementara ini harus benar-benar kami nikmati. Namun, kemenangan ini harus menjadi titik balik performa kami di kompetisi ini. Kami mesti bisa memanfaatkan keuntungan peningkatan kepercayaan diri dan berupaya tetap berada di jalur kemenangan di laga berikutnya,'' kata Marcelino.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA