Sunday, 27 Zulqaidah 1443 / 26 June 2022

Enam Orang Asyik Nongkrong di Warung Kopi Positif Covid

Senin 26 Apr 2021 09:06 WIB

Red: Teguh Firmansyah

Virus corona  (ilustrasi).

Virus corona (ilustrasi).

Foto: www.freepik.com
Dari enam orang tersebut, empat adalah pelanggan dan dua pelayan warung.

REPUBLIKA.CO.ID, PUTUSSIBAU -- Enam orang yang sedang asyik nongkrong di warung kopi (warkop) di Kota Sintang, Kalimantan Barat dinyatakan positif terpapar Covid-19. Hal itu terungkap berdasarkan hasil swab antigen oleh petugas kesehatan saat razia penegakan protokol kesehatan yang dilakukan Satgas Covid 19 daerah setempat.

"Ada enam orang yang positif Covid-19 saat razia penegakan prokes itu ada empat orang merupakan pengunjung yang sedang nongkrong malam mingguan, sedangkan dua lainnya adalah pelayan warung kopi," kata Kepala Dinas Kesehatan Sintang Harysinto Linohdi Sintang, Senin.

Baca Juga

Razia tim gabungan Satgas Covid-19 pada Sabtu (24/4) malam di Sintang ada 199 orang yang diswab antigen oleh tim kesehatan, enam orang di antaranya dinyatakan positif Covid-19.Keenam orang yang hasil tes antigennya positif Covid-19 langsung di bawa ke rumah susun untuk menjalani isolasi."Enam orang itu langsung kami bawa untuk menjalani isolasi dibawa pengawasan petugas kesehatan," jelas Harysinto.

Harysinto mengatakan, dalam penegakan prokes tersebut, Satgas dibagi tiga tim. Tim pertama di pimpin Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sekaligus Sekretaris Satgas Covid-19 Sintang. Sedangkan tim dua dipimpin Dandenpom, dan tim tiga dipimpin oleh Camat Sintang.

Harysinto menceritakan pada saat razia penegakan prokes yang dilakukan, ada salah satu kafe yang langsung menutup tempat usahanya ketika tim Satgas datang. Namun, para pengunjung masih di dalam cafe atau warung kopi tersebut."Saat kami gedor-gedor dan akhirnya di buka, rupanya di dalam ada 43 orang. Satu di antaranya positif Covid-19, setelah swab antigen," ucap Harysinto.

Atas kejadian tersebut, Harysinto kembali mengimbau generasi muda agar mengurangi nongkrong di luar rumah."Kalau mereka (anak muda) tidak memikirkan diri sendiri, pikirkanlah orang tua mereka di rumah. Pikirkanlah tetangga-tetangga yang sudah tua. Jangan seperti itulah. Meski sudah di imbau supaya tidak nongkrong - nongkrong, ini masih juga dilakukan," sesalnya.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA