Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Mualaf, Bintang NBA Kyrie Irving Tetap Puasa Saat Tanding

Senin 26 Apr 2021 06:24 WIB

Rep: Fitriyanto/ Red: Esthi Maharani

Guard Brooklyn Nets Kyrie Irving.

Guard Brooklyn Nets Kyrie Irving.

Foto: EPA-EFE/JASON SZENES
Bintang Basket NBA, Kyrie Irving, akhirnya secara terbuka mengakui masuk Islam

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah dikabarkan memeluk agama Islam, bintang NBA Kyrie Irving akhirnya secara terbuka mengakuinya. Ia bahkan mengatakan tetap berpuasa saat bertanding memperkuat klubnya, Brooklyn Nets.

Setelah Brooklyn Nets mengalahkan Boston Celtics 109-104 pada Jumat (23/4) malam waktu setempat, Kyrie Irving melakukan sesuatu yang sangat langka baginya, dia berbicara tentang kehidupan pribadinya.

Selama konferensi pers pascapertandingan, Irving membahas tentang menjadi bagian dari komunitas Muslim dan bagaimana rasanya menjalankan Ramadhan, bulan suci kontemplasi spiritual, puasa, dan komunitas Islam.  Mereka yang menjalankan puasa Ramadhan setiap hari dalam sebulan, tidak mengonsumsi makanan atau cairan dari matahari terbit hingga terbenam.

"Segala puji bagi Tuhan, Allah, untuk ini .... Bagi saya, dalam hal iman saya dan apa yang saya yakini, menjadi bagian dari komunitas Muslim, berkomitmen pada Islam, dan juga berkomitmen untuk semua ras dan  budaya, agama, hanya memiliki pemahaman dan rasa hormat. Saya hanya ingin meletakkannya sebagai fondasi," kata Irving.

Irving menambahkan, "Ada energi yang memecah belah di sini, atau sudah seperti itu dalam masyarakat kita, begitu memecah belah, membawanya ke dalam permainan. Saya tidak mau, tapi jelas banyak orang memiliki pertanyaan."

Baca juga : Ronja Anderson: Islam Menghormati Perempuan

"Tapi ya, saya ikut Ramadhan dengan banyak saudara laki-laki dan perempuan Muslim saya. Dan, itu merupakan penyesuaian. Itu benar-benar yang bisa saya katakan. Itu hanya berkomitmen untuk melayani saya kepada Tuhan, Allah, dan kemudian melanjutkan dengan  apa pun yang saya pandu," lanjut Irving.

"Saya hanya senang menjadi bagian dari komunitas saya dan melakukan hal yang benar. Jadi, puasa jelas merupakan bagian darinya--jika Anda tahu sesuatu tentang komunitas Muslim. Tapi ya, benar-benar diberkati  dan bersyukur bisa ambil bagian dalam ini," ujarnya dilansir Yahoosports.

Irving tidak banyak bicara tentang puasa selain mengatakan itu  "penyesuaian". Untuk diketahui, ini pertama kalinya Irving berbicara di depan umum tentang imannya. Meski sebelumnya ia pernah menyinggung soal keimanan di media sosial beberapa kali. Misalnya pada Maret lalu, dia menge-tweet tentang Allah, yang adalah Tuhan dalam Islam. Namun, kala itu ia tak menyebut secara eksplisit tentang Islam karena Allah merupakan kata bahasa Arab untuk Tuhan.

Pada 9 April, menjadi lebih jelas ketika dia menanggapi tweet dari seseorang yang berharap dia mendapatkan Ramadhan yang hebat.

Jumat malam adalah pertama kalinya Irving secara terbuka menyampaikan keyakinannya, tetapi dia mendapatkan kritik ketika hari pertama Ramadhan bertepatan dengan pertandingan. Stephen A.Smith dari ESPN mengkritik Irving karena melewatkan lebih banyak permainan karena alasan pribadi, tanpa menyadari alasan Irving sebenarnya melewatkan permainan tersebut.

Beberapa fan membela Irving di media sosial. Smith kemudian mengklarifikasi pernyataannya setelah mengetahui Irving mengambil cuti untuk mengamati awal Ramadhan, tetapi tidak benar-benar berubah pikiran tentang Irving yang melewatkan permainan lain.

Baca juga : Tekad Muslimah Asli Papua Bebaskan Warga dari Buta Alquran

Menyusul komentar Irving pada Jumat malam, mantan pemain NBA Stephen Jackson yang juga Muslim mendukung Irving melalui Instagram.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA