Senin 26 Apr 2021 04:10 WIB

Dikalahkan Bilbao, Atletico Ditempel Ketat Madrid dan Barca

Atletico kalah 2-1 di kandang Bilbao

Rep: Rizky Surya/ Red: Muhammad Akbar
Seleberasi para pemain Atletico Madrid usai mencetak gol ke gawang Eibar.
Foto: EPA-EFE/Rodrigo Jimenez
Seleberasi para pemain Atletico Madrid usai mencetak gol ke gawang Eibar.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID — Athletic Bilbao sukses menumbangkan Atletico Madrid 2-1 di San Mames Barria, Senin (26/4) dini hari WIB. Kekalahan ini menjadi pil pahit bagi usaha Atletico menjuarai La Liga.

Dengan hasil buruk tersebut, Atletico menjadi gagal untuk menjauhkan diri dari kejaran rival sekotanya Real Madrid yang membuntutinya di peringkat kedua. Dengan raihan 73 angka dari 33 laga, Atletico saat ini hanya mampu menjaga selisih dua angka dari Madrid dan Barcelona yang menguntit di peringkat ketiga.

Pada babak pertama, Bilbao dan Atletico langsung menunjukkan jual beli serangan. Namun Bilbao lebih beruntung karena sukses mencetak gol lebih dulu di menit ke-8. Gol ditunaikan Alejandro Berenguer yang melompat untuk menyambut crossing indah. Berenguer mencetak gol dengan sundulan yang memantul di tanah dan masuk ke sisi kiri gawang. Penjaga gawang hanya terpaku tanpa bisa melakukan penyelamatan.

Dua menit berselang, Atletico coba balas gol dengan cara serupa. Yannick Carrasco melompat lebih tinggi dari pada penjagaan lawan untuk menyundul bola crossing akurat ke arah atap dalam gawang. Tapi usahanya bisa dimentahkan oleh Unai Simon.

Di menit ke-28, Angel Correa menerima operan akurat di dalam kotak penalti untuk melepaskan tembakan, tapi ternyata melenceng tipis ke kiri gawang.

Gawang Jan Oblak nyaris bobol lagi di menit ke-33 andai tembakan Asier Villalibre ke arah sudut kiri bawah gawang tak dihalangi.

Jelang turun minum, Ander Capa meminta perawatan medis dengan gerakan kesakitan yang ditampilkannya. Keunggulan Bilbao pun tak berubah.

Di awal babak kedua, Capa digantikan Lekue karena cedera. Atletico hampir mendapat peluang cuma-cuma di menit ke-52 berkat Unai Nunez yang diduga melakukan handball di dalam kotak penalti, tapi akhirnya tak terbukti lantaran wasit tidak melihat itu dengan jelas.

Atletico masih terus merangkai serangan guna mengejar ketinggalan. Thomas Lemar dan Yannick Carrasco menjadi tumpuan serangan. Berkali-kali keduanya mengorkestrai serangan, namun berkali-kali juga gagal.

Pasukan Diego Simeone baru bisa menyamakan skor di menit ke-77. Stefan Savic menyambut bola buah tendangan sudut dengan sundulan akurat ke kanan atas gawang. Para pemain Bilbao kaget lewat gol cepat ini hingga gagal bereaksi.

Bilbao kembali unggul di menit ke-86 lewat aksi Inigo Martinez yang melakukan sundulan tepat ke atap dalam gawang berkat tendangan sudut yang dieksekusi oleh Gomez Perez Ibai. Kemenangan Bilbao tak lagi terelakan hingga peluit akhir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement