Senin 26 Apr 2021 00:30 WIB

Prabowo: KRI Nanggala-402 Selamat Berlayar Menuju Keabadian

Panglima TNI menyatakan 53 personel yang on board KRI Nanggala-402 telah gugur.

Rep: Eva Rianti/ Red: Dwi Murdaningsih
Bagian kapal KRI Nanggala 402 hasil citra Remotely Operated Vehicle (ROV) MV Swift Rescue ditunjukkan saat konferensi pers di Lanud I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Minggu (25/4/2021).  KRI Nanggala 402 dipastikan tenggelam dan 53 awak kapalnya gugur di perairan utara Bali.
Foto: ANTARA/Fikri Yusuf
Bagian kapal KRI Nanggala 402 hasil citra Remotely Operated Vehicle (ROV) MV Swift Rescue ditunjukkan saat konferensi pers di Lanud I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Minggu (25/4/2021). KRI Nanggala 402 dipastikan tenggelam dan 53 awak kapalnya gugur di perairan utara Bali.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengungkapkan ucapan belasungkawa atas tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala-402 serta gugurnya 53 awak kapal yang bertugas. Dia menyampaikan, puluhan awak kapal yang gugur dalam insiden tersebut telah mengabdi kepada negara dengan sebaik-baiknya.

Senada dengan postingan terbarunya di akun instagram @Prabowo, Ketua Umum Partai Gerindra tersebut juga mendoakan keluarga dari para awak KRI Nanggala-402 untuk dapat diberi kekuatan. “Kepada seluruh keluarga yang ditinggalkan, semoga selalu diberikan kekuatan, negara ini berhutang budi terhadap rasa kehilangan yang kalian rasakan ini,” tulis Prabowo di akun Instagram-nya.

Prabowo menuliskan satu demi satu nama awak kapal yang gugur dalam insiden tersebut. Dia turut mengungkapkan rasa yakin bahwa seluruh pengabdian para awak kapal KRI Nanggala-402 tidak akan sia-sia. Dia akhir postingannya, dia mengucapkan selamat jalan.

“KRI Nanggala 402, kami titipkan kedaulatan laut Indonesia kepada kalian selamat jalan, selamat berlayar menuju keabadian,” kata dia.

Baca juga : Akhirnya, 53 Awak KRI Nanggala-402 On Eternal Patrol

Kapal selam KRI Nanggala-402 hilang kontak pada Rabu (21/4). Setelah dilakukan pencarian selama empat hari, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memastikan, seluruh awak kapal dinyatakan gugur.

“Dengan kesedihan yang mendalam, selaku Panglima TNI saya nyatakan bahwa 53 personel yang on board KRI Nanggala-402 telah gugur,” ujar Hadi dalam konferensi pers di saluran Youtube, Ahad (25/4).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement