Senin 26 Apr 2021 03:57 WIB

NASA Rilis Foto Terbaru Bintang Paling Terang

NASA merayakan 31 tahun beroperasinya teleskop Hubble.

Rep: Eva Rianti/ Red: Dwi Murdaningsih
Dalam rangka 31 tahun beroperasinya teleskop Hubble, NASA merilis foto bintang yang disebut ‘celebrity star’ yang jauh dan sangat indah.
Foto: nasa
Dalam rangka 31 tahun beroperasinya teleskop Hubble, NASA merilis foto bintang yang disebut ‘celebrity star’ yang jauh dan sangat indah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Antariksa Amerika (NASA) merilis foto baru menandai 31 tahun beroperasinya teleskop Hubble. Sejak 24 April 1990, teleskop luar angkasa Hubble diluncurkan ke orbit dan telah berkelana ke luar angkasa hingga saat ini. Untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-31.

Terbaru, NASA merilis foto bintang AG Carinae yang disebut ‘celebrity star’ yang jauh dan sangat indah.

Baca Juga

Dilansir dari Mashable, AG Carinae oleh NASA disebut sebagai salah satu bintang paling terang yang terlihat di galaksi. Bintang itu meledak sekitar 10 ribu tahun yang lalu, melepaskan semua materi bintang yang membentuk lingkaran yang indah.

Lingkaran itu memiliki diameter sekitar lima tahun cahaya. Sementara itu, bahan bintang yang menyusun halo atau lingkaran cahayanya kira-kira sama dengan 10 kali bahan penyusun matahari.

Ilmuwan proyek senior Hubble Jennifer Wiseman menarasikan video singkat tentang kehidupan AG Carinae dan Hubble. Secara total, teleskop luar angkasa Hubble telah membuat lebih dari 1,5 juta pengamatan dari sekitar 48 ribu benda langit. Data gambar itu berjumlah sekitar 169 terabyte data, dengan sebagian besar dikatalogkan di HubbleSite.org.

Salah satu penerus teleskopnya, yakni teleskop James Webb akan segera tiba di orbit dengan target peluncurannya 31 Oktober 2021. Teleskop Webb mendapatkan banyak peningkatan besar atas Hubble.

Laporan CBS News dari 2013 mencatat, ada ekspektasi orbit Hubble yang terdegradasi dan akan kembali ke Bumi pada kisaran tahun 2030 hingga 2040.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement