Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Dzikri a

Masa Kekaisaran Peradaban Persia

Sejarah | Sunday, 25 Apr 2021, 20:21 WIB

Bagaimana awal mula kekaisaran peradabankuno Persia ada?

Kekaisaran peradaban Persia kuno merupakankekaisaran adikuasa pertama yang ada di wilayah iran pusat, dan pada waktu itukekaisaran Persia kuno menjadi adikuasa di daerah iran yang dipimpin olehChyrus Agung sekitar tahun 550 SM. Pada waktu itu kerajaan Persia merupakankerajaan terbesar dalam sejarah, dan letak geografis nyah membentang dariSemenanjung Balkan Eropa di Barat sampai Lembah Indus India sebelah Timur.

WILAYAH PERSIA KUNO

Pada waktu itu agar wilayah Persia kuno initerjaga dan terkelola dengan baik, tentunya pasti membutuhkan komunikasi yangbaik di daerah itu dan Cyrus pun langsung membuat sistem dasar-dasar kurir atausurat. Dan pada waktu itu untuk mendukung program tersebut para pemimpin Persiamewajibkan koopratif dan memberlakukan pajak 20 persen untuk semua pertaniandan manufaktur. Bukan hanya itu mereka juga mengenakan pajak kepada Lembaga agam,yang meskipun kekayaan mereka tidak dikenakan pajak. Tetapi orang Persia sendiritidak dikenai pajak.

Berpusat di ibu kota Persepolis, Dairus 1membagi kerajaan mereka menjadi 20 provinsi yang dikelola oleh satrap (gubernur). Dan kemudian penduduk setempatmenyediakan tanah untuk tuan tanah feudal dengan imbalan kesetiaan dan jaminankeamanan dari tantara Persia. Ibu kota Persia, Persepolis, ini yang terletak diIran selatan termasuk diantara situs arkeologi terbesar di dunia, Persepolisini termasuk kedalam UNESCO pada tahun1979. Dan Persepolis ini juga memilikiIstana yang bernama Istana Achaemenia yang dibangun di atas teras yang sangatbesar bangunan itu di hiasi dengan fasad hias yang termasuk pahatan relief batupanjang Persia kuno terkenal.

Kesuksesan kekaisaran ini mengilhami sistemserupa di kekaisaran selanjutnya. Pada abad ke 7 Sm, Persia telah menetap didataran tinggi Iran di wilayah persis yang menjadi jantung mereka. Dari wilayahini, Koresh Agung maju untuk mengalahkan Medes,Lydia, dan KekaisaranNeo-Babylonia, dan mendirikanlah Kekaisaran Achaemenid. Kekaisaran Achaemenidini juga pernah mencatat dalam sejarah barat sebagai antagonis dari negara- kotaYunani selama perang Yunani- Persia dan untuk emansipasi orang-orang buangan Yahudidi Babel.

Meskipun ada konflik abadi anatar keduanegara, banayak orang Atena mengadopsi adat Achaemenid dalam kehidupan sehari-harimereka dalam budaya pertukaran timbal balik, dan beberapa dari merekadipekerjakan atau bersekutu dengan raja-raja Persia. Dan setelah Kekaisaran Achaemeniddiserang kerajaan Yunani pada tahun 330 SM, dan lahirlah pemerintahan baru Persiabernama Kekaisaran Selukus dari Yunani.

Kekaisaran Selukus merupakan pusat pentingkebudayaan Hellenistik yang menjaga keberlangsungan adat Yunani dan tempat elitpolitik Yunani sebgian besar mendominasidi daerah perkotaan. Tetapi tidak lama kemudian ekspansi Kekaisaran Selukus keAnatolia dan Yunani secara tiba-tiba terhenti setelah kekalahan Selukus olehpasukan romawi.

Dan kemudian Sebagian besar wilayah Kekaisaran ditaklukan olehbangsa Pathia dibawah Mithridates 1 dari pathia pada pertengahan abad ke 2 Sm,namun para raja Selukus bersikeras mempertahankan wilayahnya dengan caramemerintahkan wilayah wilayah yang kecil di suriah hingga invasi oleh rajaArmenia Tigranes Agung dan akhirnya Selukus pun di runtuhkan oleh jendral RomawiPompeius pada 63 SM.

Kekaisaran Pathia bermula dengan Dinasti Arsacidayang menyatukan, dan memerintahkan dataran tinggi Iran, yang juga ikut menaklukanwilayah timur Yunani pada awal abad ke 3 masehi. Pathia juga merupakan musuhbebuyutan bangsa Romawi di sebelah timur dan membatasi bahaya Romawi di Anatolia.

Untuk menjaga daerah Pathia tantara Pathia membagi menjadi dua kelompokberkuda, yang pertama kelompok tantara berkuda yang membawa perisai, dan tantarayang membawa senjata berat, dan yang kelompok kedua pasukan berkuda yangmembawa senjata ringan agar pergerakan nyah cepat dan lincah.

Sementara itu tantara Romawi terlalubergantung kepada infantri, sehingga menyebabkan Romawi kesulitan untukmengalahkan Pathia. Tetapi, Pathia kekurangan strategi dalam perang tawan,sehingga mereka kesulitan juga mengawal Kawasan taklukan, dan akhirnya hal inimenyebabkan kedua belah pihak gagal mengalahkan satu sama lain. Dan kekaisaranPathia pun tegak selama lima abad, dan berakhir pada tahun 224 M. karna rajaterakhir Pathia kalah ditangan Kekaisaran Sassana.

Pada tahun 226 M, Kekaisaran Sassanaberdiri dan dipimpin oleh Ardashir 1, dan kekaisaran Sassana mulai membangun Kembaliekonomi dan militer Persia. Wilayah Sassana meliputi Kawasan Iran modern,Irak,Suriah,Pakistan,Asiatengah dan wilayah Arab.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image