Senin 26 Apr 2021 04:26 WIB

Apple akan Produksi Mobil Bareng LG Magna

Apple memperluas kerja sama dengan LG di bidang otomotif.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Apple
Foto: reuters
Apple

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Niat Apple untuk terjun dalam pasar otomotif semakin dekat dengan kenyataan. Kini, produsen iPhone itu terus menggodok kerja sama dengan pabrikan yang bisa digandeng untuk memproduksi mobil.

Dilansir dari Car Advice pada Jumat (23/4), Apple rencananya akan melakukan kerja sama dengan LG Magna. Proses perjanjian kerja sama itu pun saat ini telah mendekati tahap final.

Baca Juga

LG Magna merupakan perusahaan joint venture antara LG dan Magna International Inc (Magna). Perusahaan ini dibentuk sebagai produsen yang fokus dalam memproduksi komponen mobil listrik.

Apple sendiri untuk bekerja sama dengan LG Magna kerana Apple telah kerap mengandalkan suplai sejumlah perangkat elektronik dari LG. Hal itu pun membuat Apple tak merasa ragu untuk memperluas kerja sama dalam bidang otomotif.

Lewat kerja sama ini, Apple pun menargetkan untuk mampu menghadirkan prototype mobil listrik pada 2024. Setelah itu, proses produksi masal rencananya akan dilakukan di Amerika Utara.

Soal LG Magna, perusahaan ini merupakan perusahaan yang dibentuk untuk memproduksi motor listrik, inverter dan on board charger.

Seluruh produk dari LG Magna itu didesain sesuai dengan kebutuhan para produsen otomotif. Artinya, perusahaan itu siap untuk menyuplai sejumlah komponen untuk para pabrikan produsen mobil listrik.

President of LG Electronics Vehicle Component Solutions Company, Kim Jin-yong mengatakan, langkah ini merupakan realisasi LG dalam memasuki pasar komponen otomotif.

"Ini adalah langkah strategis kami dalam mempertahankan posisi pemimpin pasar elektrifikasi. Apalagi, pasar mobil listrik menjanjikan peluang pertumbuhan yang sangat besar," kata  Kim Jin-yong.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement