Sabtu 24 Apr 2021 06:00 WIB

Ajang TOP CSR Awards 2021, Peruri Raih Tiga Penghargaan

Tanggung jawab bernilai sosial menjadi salah satu poin prioritas kementerian.

Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (ilustrasi).
Foto: indiacsr.in
Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) meraih tiga penghargaan sekaligus dalam TOP CSR Awards 2021 pada Kamis (22/4). Penghargaan tersebut di antaranya: TOP CSR Awards Star 4, Kategori Khusus TOP CSR Program Sosial Ekonomi Masyarakat Sekitar serta TOP Leader on CSR Commitment 2021 kepada Direktur Utama Peruri.

Penghargaan ini Peruri raih setelah melewati proses penilaian pada aspek kepatuhan (compliance) terhadap ISO 26000 tentang Social Responsibility, aspek Good Corporate Governance (GCG) serta aspek keselarasan program CSR dengan strategi bisnis perusahaan.

Penghargaan diterima oleh Direktur Pengembangan Usaha Peruri, Fajar Rizki sekaligus mewakili Direktur Utama Peruri, Dwina Septiani Wijaya dan Kepala Departemen PKBL (Program Kemitraan dan Bina Lingkungan) Peruri, Ratih Sukma Pratiwi. 

photo
Penghargaan ang disabet oleh BUMN Peruri di ajang TOP CSR Awards 2021. - (Dok. Bumn)

Fajar mengatakan, Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang dilakukan oleh Peruri senantiasa mendukung salah satu poin prioritas Kementerian BUMN yaitu menjalankan tanggung jawab bernilai sosial. BUMN juga dituntut memberikan kontribusi berupa nilai ekonomi bagi negara. "Upaya konkret Peruri dalam mendukung prioritas Kementerian BUMN ini juga ditunjukkan dengan adanya pembaharuan visi dan misi perusahaan, yang mana di dalam salah satu misi Peruri yang baru yaitu memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan, kepada bangsa dan negara," kata dia.

"Sementara itu di era pandemi, Peruri secara konsisten membantu pemerintah dan masyarakat di antaranya membangun Rumah Singgah bagi tenaga medis yang diresmikan oleh Wakil Menteri BUMN saat itu, penyerahan bantuan penanganan Covid-19 seperti Alat Pelindung Diri/APD berupa masker, hand sanitizer dan disinfektan), penyerahan 11 (sebelas) unit ventilator kepada Rumah Sakit di Jawa Barat, air purifier serta satu unit mobil ambulans kepada Puskesmas Kecamatan Ciampel, Karawang," kata dia menambahkan.

Ia mengatakan, aksi kemanusiaan Peruri terhadap masyarakat juga ditunjukkan Peruri yang secara aktif membantu korban bencana alam. Pada Februari 2021 lalu, kata dia, Peruri menyerahkan bantuan terhadap korban bencana banjir yang melanda masyarakat di beberapa Kecamatan di Kabupaten Karawang. Dalam pelaksanaannya, Peruri telah berkoordinasi terlebih dahulu dengan Pemkab Karawang dan Kodim 0604 Karawang, agar bantuan yang diberikan Peruri sesuai dengan kebutuhan di lapangan.

“Terima kasih atas apresiasi yang diberikan. Penghargaan ini terus mendorong Peruri untuk lebih mengedepankan program-program yang memberikan manfaat bersama (Creating Shared Value/CSV) dan pemberdayaan masyarakat (community development).” kata Fajar.

“Peruri juga memiliki program TJSL unggulan di antaranya pada bidang Pendidikan berupa peningkatan hard skill siswa SMK, yaitu Pendidikan Pelatihan Keterampilan bagi siswa SMK Karawang. Program lainnya adalah renovasi sekolah dasar yang mengalami rusak parah di Karawang untuk menyediakan gedung sekolah yang lebih aman dan nyaman bagi para siswa.” kata Kepala Departemen PKBL Peruri Ratih Sukma menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement