Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Yudha Manggala P Putra

Masjid Kapal di Semarang, Terinspirasi Bahtera Nabi Nuh

Wisata | Saturday, 24 Apr 2021, 00:12 WIB
Sumber: Republika/Fakhtar Khairon Lubis

Indonesia memiliki banyak bangunan masjid unik. Salah satunya Masjid Kapal di Semarang, Jawa Tengah. Seperti namanya, masjid ini memang didesain mirip perahu dan disebut terinspirasi bahtera Nabi Nuh.

Masjid ini aslinya bernama Safinatun Najah. Lokasinya di tengah-tengah persawahan di kawasan Kyai Padak, Ngaliyan dan berdiri di atas lahan seluas 4.000 m2. Jaraknya sekitar 15 kilometer dari Bandara Ahmad Yani Semarang.

Jika dilihat dari atas, bangunannya memang mirip bahtera. Dengan bagian bawah berkulit luar cokelat yang sebenarnya tembok dilukis mirip kayu. Desainnya semakin tampak realistis berkat jendela berbentuk lingkaran khas kapal mengelilinginya.

Pada bagian atasnya dapat terlihat bangunan mirip anjungan utama atau kabin untuk awak. Terlihat sedikit ruang di sisi kanan dan kiri terkesan sebagai buritan dan geladak utama. Ciri khas masjid terlihat melalui kubah di bagian tengah atap.

Bangunan Masjid Kapal memiliki tiga lantai. Lantai pertama adalah aula, sementara lantai kedua digunakan untuk shalat. Lantai tiga sendiri diperuntukkan untuk perpustakaan.

Sekitar masjid ini juga dikelilingi kolam air. Kolam ini membuat bangunannya seolah mengambang di atas air. Kolam berfungsi pula untuk membersihkan kaki jamaah sebelum masuk untuk beribadah.

*Referensi: Republika dan beberapa sumber

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image