Jumat 23 Apr 2021 22:34 WIB

Yunani Jadi Tuan Rumah Latihan Militer Gabungan Israel-UEA 

Israel dan Uni Emirat Arab melakukan latihan gabungan militer

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah
Israel dan Uni Emirat Arab melakukan latihan gabungan militer. Pesawat Tempur Israel
Foto: AP
Israel dan Uni Emirat Arab melakukan latihan gabungan militer. Pesawat Tempur Israel

REPUBLIKA.CO.ID, ATHENA – Yunani menjadi tuan rumah latihan gabungan militer yang dilakukan bersama oleh Israel dan Uni Emirat Arab (UEA). 

Dilansir di en.abna24.com, latgab militer ini dilakukan setelah hampir setahun mereka melakukanperjanjian normalisasi antara Tel Aviv dan Abu Dhabi. 

Baca Juga

Militer Israel mengkonfirmasi, Selasa (20/4), latihan INIOCHOS mensimulasikan berbagai skenario, termasuk pertempuran udara, serangan udara besar-besaran dan menghindari serangan dari rudal permukaan ke udara. Manuver gabungan tersebut dimulai pada Ahad (18/4) dan dijadwalkan selesai Jumat (23/4). 

Pilot Israel dan Emirat terbang berdampingan dalam manuver gabungan sebelumnya, termasuk latihan pada 2016 dan 2017. Tetapi latihan tahun ini menandai kasus langka kerja sama militer terbuka antara kedua belah pihak.  

Selain Israel dan Uni Emirat Arab, angkatan udara dari Siprus, Prancis, Amerika Serikat, Spanyol, dan Kanada bergabung dengan Yunani untuk latihan tersebut. Dari pihak Israel, pesawat tempur F-15 dan F-16 ikut serta, serta tanker pengisian bahan bakar Boeing 707 dan pesawat pengintai Gulfstream G550. 

Sebelumnya Israel dan UEA menyetujui kesepakatan yang ditengahi AS untuk menormalisasi hubungan pada Agustus 2020. Palestina mengatakan kesepakatan itu merupakan tusukan di belakang dan penghinaan langsung terhadap tujuan mereka untuk membebaskan tanah mereka dari pendudukan Israel.

 

Sumber: abna 24

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement