Sunday, 4 Syawwal 1442 / 16 May 2021

Sunday, 4 Syawwal 1442 / 16 May 2021

Allah SWT Jadikan Firaun Contoh Balasan untuk Zalim di Dunia

Jumat 23 Apr 2021 21:45 WIB

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah

Allah SWT mengganjar orang zalim baik di dunia dan akhirat. Ilustrasi Padang Pasir

Allah SWT mengganjar orang zalim baik di dunia dan akhirat. Ilustrasi Padang Pasir

Foto: Pixabay
Allah SWT mengganjar orang zalim baik di dunia dan akhirat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Allah SWT telah memberikan banyak contoh dalam Alquran tentang hukuman bagi orang-orang yang zalim, dan bagaimana cara Allah menghancurkan mereka atas kezaliman yang mereka perbuat.

Contoh hukuman bagi orang-orang zalim saat di dunia tersebut dijelaskan dalam laman mawdoo3. Di antaranya adalah hukuman yang diberikan kepada raja Mesir, Firaun yang berbuat zalim di atas muka bumi ini.

Dalam sejarah diceritakan, Raja Firaun menzalimi penduduk Mesir terutama Bani Israel, pengikut Nabi Musa AS. Firaun tidak segan membunuh anak lelaki yang baru lahir, hanya karena adanya ramalan bahwa dia akan terbunuh di tangan seorang lelaki.

Baca Juga

Karena itu, Allah pun menghukumnya dengan hukuman terburuk pada masa akhir hidupnya. Allah berfirman: 

فَأَخَذْنَاهُ وَجُنُودَهُ فَنَبَذْنَاهُمْ فِي اليَمِّ فَانظُرْ كَيْفَ كَانَ عَاقِبَةُ الظَّالِمِينَ*وَجَعَلْنَاهُمْ أَئِمَّةً يَدْعُونَ إِلَى النَّارِ وَيَوْمَ القِيَامَةِ لاَ يُنصَرُونَ*وَأَتْبَعْنَاهُمْ فِي هَذِهِ الدُّنْيَا لَعْنَةً وَيَوْمَ القِيَامَةِ هُم مِّنَ المَقْبُوحِينَ

“Maka Kami siksa dia (Fir‘aun) dan bala tentaranya, lalu Kami lemparkan mereka ke dalam laut. Maka perhatikanlah bagaimana kesudahan orang yang zalim. Dan Kami jadikan mereka para pemimpin yang mengajak (manusia) ke neraka dan pada hari Kiamat mereka tidak akan ditolong. Dan Kami susulkan laknat kepada mereka di dunia ini; sedangkan pada hari Kiamat mereka termasuk orang-orang yang dijauhkan (dari rahmat Allah).” (QS Al Qashash ayat 40 42).

Selain itu, Allah juga menghukum kaum Tsamud yang menolak beriman kepada Allah SWT dan tidak mengakui Saleh sebagai seorang Nabi. Allah juga meberikan hukuman atau azab kepada kaum Tsamud karena berbuat zalim di dunia. Allah berfirman: 

وَأَخَذَ الَّذينَ ظَلَمُوا الصَّيحَةُ فَأَصبَحوا في دِيارِهِم جاثِمينَ*كَأَن لَم يَغنَوا فيها أَلا إِنَّ ثَمودَ كَفَروا رَبَّهُم أَلا بُعدًا لِثَمودَ “Dan satu suara keras yang mengguntur menimpa orang-orang yang zalim itu, lalu mereka mati bergelimpangan di rumahnya, seolah-olah mereka belum pernah berdiam di tempat itu. Ingatlah, sesungguhnya kaum Tsamud mengingkari Tuhan mereka. Ingatlah, kebinasaanlah bagi kaum Tsamud.” (QS Hud ayat 67-68).    

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA