Jumat 23 Apr 2021 20:13 WIB

Hoddle Sarankan Newcastle Pertahankan Steve Bruce

Bruce harus mendapatkan dukungan penuh dari dewan direksi dan pemilik klub.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Newcastle United, Steve Bruce.
Foto: EPA-EFE/Clive Mason
Pelatih Newcastle United, Steve Bruce.

REPUBLIKA.CO.ID, NEWCASTLE -- Mantan pelatih timnas Inggris, Glen Hoddle, cukup optimistis Steve Bruce bisa membawa Newcastle United bertahan di pentas Liga Primer Inggris. Namun, Hoddle menyebut, untuk bisa menyelesaikan tugasnya dengan baik, pelatih asal Inggris itu mesti mendapatkan dukungan penuh dari dewan direksi dan pemilik klub.

Kemenangan, 3-2, atas West Ham United, akhir pekan lalu, akhirnya membawa Newcastle menjauh dari zona degradasi. Kemenangan itu menjadi kemenangan kedua secara beruntun the Magpies setelah tidak pernah menang dalam tujuh laga sebelumnya di pentas Liga Primer Inggris.

Imbasnya, The Magpies pun beranjak ke peringkat ke-15 klasemen sementara dengan koleksi 35 poin dari 32 laga. Newcastle mengantongi keunggulan delapan poin dari peringkat ke-18, atau posisi teratas di zona degradasi.

Kendati begitu, The Magpies belum sepenuhnya aman. Apabila gagal mempertahankan konsistensi raihan hasil, bukan tidak mungkin, Newcastle kembali ke zona degradasi di enam laga pamungkas Liga Primer Inggris musim ini.

Tidak hanya itu, sorotan terhadap Bruce sebagai pelatih Newcastle United pun tidak pernah berhenti. Eks pelatih Aston Villa dinilai tidak mampu mengangkat performa the Magpies.

Pada musim ini, Newcastle United memang tidak pernah beranjak dari papan bawah usai hanya bisa memetik sembilan kemenangan, delapan hasil imbang, dan 15 kekalahan dari 32 laga.

Namun, Hoddle menyebut, Bruce memiliki kemampuan untuk membawa Newcastle bertahan di Liga Primer Inggris pada musim ini. ''Dia akan berkata, mulai dari sini, pekerjaan saya benar-benar akan dimulai. Dia telah bekerja keras agar klub ini bertahan di kompetisi ini. Jadi, untuk apa dia hengkang. Dia hanya ingin mendapakan dukungan penuh dan melihat sejauh mana dia bisa meningkatkan level tim ini,'' ujar Hoddle seperti dilansir Tribal Football, Jumat (23/4).

Mantan pelatih Tottenham Hotspur itu memahami keinginan para suporter Newcastle untuk melihat tim kesayangannya bertahan di Liga Primer Inggris. Namun, The Magpies, dibawah kendali Bruce, barus bisa memaksimalkan kemampuannya apabila mendapatkan dukungan penuh dari pemilik klub, Mike Ashley. Pun apabila nantinya the Magpies berpindah kepemilikan ke pihak lain.

''Dia harus mendapatkan dukungan penuh oleh pemilik. Saya rasa, dia tengah berusaha keras untuk bisa membawa Newcastle bertahan. Jika nantinya Newcastle bisa terhindar dari degradasi, saya rasa, dia berhak mendapatkan perpanjangan kontrak. Kemudian dia bisa memulai proyek baru bersama tim ini. Namun, sekali lagi, tentu saja itu tergantung dari keinginan pemilik klub,'' jelas Hoddle.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement