Sabtu 24 Apr 2021 01:03 WIB

KBRI Paris Dukung Promosi Pencak Silat

France Pencak Silat Federation gelar pelatihan Jurus Tunggal se-Eropa

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Esthi Maharani
Pencak Silat
Foto: antaranews
Pencak Silat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- France Pencak Silat Federation (FPSF) menyelenggarakan pertama kalinya pelatihan Jurus Tunggal se-Eropa secara dalam jaringan (daring) dari tanggal 17 sampai 25 April 2021. Kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan seni pencak silat di Eropa dan mendukung olah raga ini dipertandingkan di Paris 2024 Jeux Olympiques.

"Tujuan dari kegiatan ini adalah mengembangkan dan meningkatkan kualitas atlet dan para pelatih Pencak Silat di Eropa," ujar Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) di kota Paris, Warsito yang juga anggota pesilat di Paris, dalam keterangannya, Jumat (23/4).

Warsito mengatakan Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) selalu aktif melakukan kegiatan pembinaan dan perlombaan pencak silat melalui berbagai kegiatan, baik di bidang olah raga maupun seni. Demikian juga berbagai perlombaan yang diselenggarakan oleh Ikatan Pencak Silat Indonesia.

Presiden EPSF, Aidinal Alrashid, mendukung penuh kegiatan ini dan berharap pandemi Covid-19 segera teratasi. "Federasi akan mengadakan kompetisi tanding jika Covid-19 teratasi," ujarnya.

Pada saat yang sama, Presiden FPSF Hosni Badriah, dalam laporannya menyampaikan jumlah peserta yang ikut pelatihan jurus Setunggal mencapai 98 pesilat dari berbagai negara di Eropa. Peserta terbanyak berasal dari Inggris 23 peserta, kemudian dari Prancis dan Belanda, masing-masing 19 dan 17 peserta, dan sisanya berasal dari Belgia, Austria, Italia, Turki, Azerbaijan, Jerman, dan Estonia.

"Semoga pelatihan ini bisa menghasilkan pesilat-pesilat dari Eropa yang siap bertanding nantinya," ungkapnya.

Sebagai tambahan informasi, Pencak Silat merupakan salah satu seni budaya bela diri Indonesia yang digemari oleh banyak orang di benua Eropa. Tidak hanya di Indonesia, banyak perlombaan diselenggarakan di berbagai negara di Eropa, seperti Prancis, Belanda, Jerman, Belgia, Austria, Turki, dan juga di Inggris. Kompetisi Pencak Silat terakhir diselenggarakan di Belanda pada tahun 2019.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement