Thursday, 24 Ramadhan 1442 / 06 May 2021

Thursday, 24 Ramadhan 1442 / 06 May 2021

Orang Tua Dituntut Jadi Pendengar yang Baik bagi Anak Remaja

Sabtu 24 Apr 2021 00:27 WIB

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Gita Amanda

Ketua TP PKK Jawa Timur Arumi Bachsin menekankan, pentingnya pola komunikasi efektif antara orang tua dan anak remajanya.

Ketua TP PKK Jawa Timur Arumi Bachsin menekankan, pentingnya pola komunikasi efektif antara orang tua dan anak remajanya.

Foto: arsipberita.com
Pentingnya penghargaan dan dukungan orang tua dalam setiap proses perkembangan remaja

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Ketua TP PKK Jawa Timur Arumi Bachsin menekankan, pentingnya pola komunikasi efektif antara orang tua dan anak remajanya. Termasuk edukasi terkait reproduksi. Menurutnya, pola komunikasi efektif tersebut akan menjadi salah satu modal yang sangat penting dalam membentuk dan membangun hubungan antara orang tua dengan anak remaja.

"Pola komunikasi efektif antara anak yang berusia remaja dan orang tua harus terjalin, mengingat orang tua memiliki otoritas bagi anak remaja," ujar Arumi di Surabaya, Jumat (23/4).

Arumi mengatakan, di zaman yang serba digital seperti saat ini, orang tua memiliki tantangan dari dunia maya dalam upaya membangun pola komunikasi efektim dengan anak remajanya. Meskipun sulit, kata dia, pendampingan orang tua terhadap anak remaja harus tetap terjalin. Selain itu, orang tua juga dituntut bisa menjadi pendengar yang baik bagi anak remajanya.

"Kita sebagai orang tua itu harus memiliki kemampuan mendengar yang baik. Tapi bukan hanya sekadar mendengar, tapi juga merespon dengan anggukan atau perhatian ketika anak ini berbicara," ujarnya.

Arumi juga menekankan pentingnya penghargaan dan dukungan orang tua dalam setiap proses perkembangan anak remaja. Menurutnya, berbagai pendekatan juga harus dilakukan untuk memperlakukan remaja sesuai usia mereka.

"Pendekatan itu harus dari mana mana. Pertama dari orang tua, untuk memfasilitasi anak remaja serta mempersiapkan diri menghadapi usia remaja. Kedua, melalui teman sebaya, karena lingkungan anak juga akan membentuk anak kita seperti apa," kata dia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA