Melalui GMB 2021, 30 RIbu Masjid Tetap Higienis pada Ramadan

Red: Erik Purnama Putra

 Jumat 23 Apr 2021 16:26 WIB

Gerakan Masjid Bersih (GMB) 2021 di Masjid Sunda Kelapa, Jakarta Pusat. Foto: Dok Gerakan Masjid Bersih (GMB) 2021 di Masjid Sunda Kelapa, Jakarta Pusat.

GMB adalah gerakan untuk menjaga kebersihan dan kesucian masjid, yang digagas 2017.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Unilever Indonesia Tbk., kelima kalinya menyelenggarakan kegiatan sosial tahunan bertema Gerakan Masjid Bersih (GMB) 2021 bersama Dewan Masjid Indonesia (DMI). Melalui brand Sahaja, ditargetkan sebanyak 30 ribu masjid tetap higienis dan terjaga sehingga mewujudkan masjid yang nyaman dan aman selama Ramadan tahun ini.

Ketua DMI Bidang Sosial dan Kemanusiaan, Andi Mappaganty, mengatakan, GMB adalah sebuah gerakan untuk menjaga kebersihan dan kesucian masjid, yang digagas sejak 2017. "Di momen Ramadan kali ini, kegiatan ini tentu semakin relevan, mengingat kebutuhan untuk menjaga kebersihan lingkungan termasuk masjid semakin signifikan," kata Andi dalam siaran di Jakarta, Jumat (23/4).

Menurut Andi, pada tahun kelima program GMB berjalan, DMI mengapresiasi kerja sama secara konsisten dengan Unilever. Menurut dia, kerja sama kedua pihak telah memberi dampak bagi kemaslahatan umat.

"Dengan sekarang masjid sudah kembali dibuka dengan segala penyesuaian, saya menghimbau masyarakat untuk dapat beribadah namun tetap memastikan keamanan diri masing-masing dengan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku," kata Andi.

Direktur Human Resources PT Unilever Indonesia, Willy Saelan, mengatakan, GMB telah menjangkau 100 ribu masjid sejak 2017. Menurut dia, walaupun harus menjalani Ramadan dengan situasi yang berbeda akibat pandemi Covid-19, kerinduan untuk beribadah di masjid kini dilakukan dengan sejumlah penyesuaian.

"Penerapan protokol kebersihan dan kesehatan menjadi sebuah keharusan untuk dipatuhi oleh jamaah. Di Gerakan Masjid Bersih tahun ini, kami secara konsisten menjaga higienitas masjid dengan mendonasikan puluhan ribu perangkat kebersihan sekaligus mengedukasi masyarakat, khususnya para marbut sebagai garda terdepan penjaga rumah ibadah," kata Willy.

Brand Ambassador Sahaja dan Ibu, Alyssa Soebandono, menambahkan, sudah mejadi tugas seorang istri memberikan perlindungan pada anggota keluarga dari bahaya kuman dan virus, termasuk juga menjaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitar. Oleh karena itu, Alyssa selalu mengingatkan suaminya, Dude Herlino ketika beribadah di masjid untuk melakukan lima langkah.

"Membawa sejadah sendiri, menyemprotkan spray higenis di area tempat sholat, termasuk di sejadah, mencari shaf paling depan memang utama, namun jangan lupakan tetap menjaga jarak, menggunakan hand sanitizer, serta memohon pada Allah perlindungan, dengan mengamalkan doa keluar rumah," ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Play Podcast X