Jumat 23 Apr 2021 11:21 WIB

Kontestan Muslim American Idol Kecewa Audisinya tak Tayang

Amira Daugherty kecewa saat mengetahui audisinya tidak akan ditayangkan

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Esthi Maharani
American Idol
Foto: mommylife.net
American Idol

IHRAM.CO.ID, GEORGIA – Penyanyi Muslim Amira Daugherty (23 tahun) dari Georgia menjadi kontestan Muslim berjilbab pertama di American Idol yang lolos audisi dan mendapat tiket emas. Dia mengungkapkan rasa kecewanya saat mengetahui audisinya tidak akan ditayangkan. Ini berawal dari konten menyanyinya di TikToknya menjadi viral.

Daugherty yang memiliki gangguan pendengaran mengatakan setelah mengunggah video menyanyi, pihak dari American Idol memberitahu bahwa mereka menyukai ceritanya dan mengundangnya ke audisi. Mengetahui ini, dia merasa terhormat terpilih sebagai salah seorang kontestan.

“Itu adalah proses yang panjang. Mulai dari tes Covid-19 yang ekstensif hingga bepergian keluar rumah untuk pertama kalinya dalam delapan bulan. Walaupun melelahkan, pengalaman ini sangat menggembirakan,” kata Daugherty, dilansir BuzzFeedNews, Jumat (23/4).

Selama audisi, dia membawakan lagu Stand Up oleh Cynthia Erivo. Usai mendapat jawaban ya dari tiga juri, salah satu juri, Lionel Richie pergi keluar dan bertemu ayahnya. Richie mengatakan kepada ayah Daugherty bahwa ia harus bangga kepada putrinya. Itu menjadi momen yang akan selalu diingat oleh Daugherty.

Richie juga menceritakan keluarga dan teman-temannya selalu mendukung dia. Mereka bahkan mulai halaman penggemar. Sebelum Daugherty pergi, para juri memperingatkan kepadanya tentang menjadi seorang Muslim berjilbab.

“Mereka bangga pada saya tapi juga mengingatkan saya untuk berhati-hati sebagai seorang Muslimah di acara itu. Karena suka atau tidak suka, ada begitu banyak kesalahpahaman dan prasangka yang dipegang orang tentang kami,” ujar dia.

Dia tidak diberitahu bahwa audisinya tidak akan ditayangkan sampai hari terakhir audisi. “Saya merasa bingung dan sedih pada awalnya. Sangat mengecewakan tidak bisa mewakili komunitas hijab dan tuna rungu terutama setelah menerima ratusan pesan baik usai pengumuman saya,” ucap dia.

Pihak BuzzFeedNews mencoba menghubungi perwakilan American Idol tapi mereka tidak segera menanggapi permintaan komentar. Meski begitu, ia masih bersemangat untuk berkompetisi di American Idol sebagai salah satu kontestan yang menerima tiket emas.

Daugherty menambahkan bahwa dia benar-benar kewalahan menerima pesan-pesan dukungan setelah TikToknya menjadi viral. “Ketika saya terbangun dengan ratusan ribu penayangan dan ribuan komentar dan pesan yang menggembirakan, saya merasa siap mengubah representasi Muslim di dunia hiburan dan musik. Saya berniat mewujudkannya,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement