Saturday, 26 Ramadhan 1442 / 08 May 2021

Saturday, 26 Ramadhan 1442 / 08 May 2021

Apakah Nanas Baik untuk Kesehatan Kulit? Cek Faktanya

Jumat 23 Apr 2021 11:01 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti

Buah Nanas (ilustrasi)

Buah Nanas (ilustrasi)

Sebaiknya Anda jangan mengoleskan nanas segar ke kulit.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nanas merupakan buah tropis yang kaya akan vitamin, antioksidan, serat, dan air. Karena kandungan itulah, beberapa orang juga mencoba memakannya atau mengoleskannya ke kulit mereka untuk meningkatkan kesehatan kulit mereka.

Nanas mengandung enzim kuat yang disebut bromelain, yang bertanggung jawab atas banyak manfaat kesehatan buah. Itu juga salah satu alasan utama nanas diklaim baik untuk kulit Anda. Sebuah studi telah menunjukkan bahwa bromelain memiliki sifat antiinflamasi, antioksidan, dan antibakteri.

Dilansir di laman Healthline, Jumat (23/4), nanas juga mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan kesehatan kulit. Satu cangkir nanas mengandung 88 persen dari Nilai Harian (DV) untuk vitamin C dan antioksidan. Meskipun demikian, Anda mungkin perlu mengonsumsi nanas dalam jumlah besar untuk melihat perbedaan pada kulit Anda.

Sebagian orang menggunakan nanas secara topikal dengan mengoleskan buah segar langsung ke kulit mereka atau membuat masker atau serum wajah buatan sendiri. Namun lebih umum, orang membeli produk perawatan kulit yang mengandung ekstrak nanas atau bromelain.

Beberapa bukti menunjukkan bahwa bromelain mungkin bermanfaat bila dioleskan ke kulit. Satu penelitian tabung reaksi menunjukkan bahwa pembersih wajah bromelain dapat menghambat beberapa bakteri penyebab jerawat.

Studi lainnya juga menemukan bahwa menggunakan krim ekstrak nanas dua kali sehari secara signifikan mengurangi iritasi kulit, bintik matahari, dan produksi minyak pada kulit dibandingkan dengan plasebo. Namun hal ini tidak berlaku untuk nanas segar, karena krim ekstrak nanas yang digunakan dalam penelitian ini diformulasikan secara khusus untuk dioleskan dan diserap ke dalam kulit.

Meski terbukti berkhasiat untuk kulit, mengoleskan nanas segar ke kulit juga bisa memberi dampak buruk. Bromelain adalah enzim yang kuat dan penyebab iritasi kulit yang cukup umum, seperti lidah yang agak bengkak atau kemerahan di sekitar mulut setelah makan nanas.

Sebagian besar penelitian tentang khasiat nanas atau bromelain menggunakan ekstrak nanas pekat, bukan nanas segar. Nanas segar memberikan dosis bromelain yang jauh lebih tinggi ke kulit. Jadi, mengoleskan nanas segar ke kulit tidak mungkin memberikan manfaat yang patut dicatat.

Sebagai alternatif, coba gunakan produk perawatan kulit yang dibuat dengan ekstrak nanas atau bromelain. Produk ini diformulasikan untuk diserap ke dalam kulit untuk mendapatkan manfaat maksimal, dan akan mengandung bromelain dengan dosis yang lebih efektif, biasanya dalam formula bebas iritasi.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA