Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Persija Unggul 2-0 Atas Persib di Leg I Final Piala Menpora

Kamis 22 Apr 2021 22:40 WIB

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Endro Yuwanto

Gelandang Persija Jakarta Braif Fatari (kanan) merebut bola dari bek Persib Bandung Nick Kuipers saat pertandingan final leg pertama Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Kamis (22/4). Persija unggul 2-0 lewat gol Braif Fatari dan Taufik Hidayat.

Gelandang Persija Jakarta Braif Fatari (kanan) merebut bola dari bek Persib Bandung Nick Kuipers saat pertandingan final leg pertama Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Kamis (22/4). Persija unggul 2-0 lewat gol Braif Fatari dan Taufik Hidayat.

Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Pemain muda Persija, Braif Fatari dan Taufik Hidayat, masing-masing mencetak 1 gol.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Persija Jakarta unggul 2-0 atas Persib Bandung dalam laga leg pertama final Piala Menpora 2021. Gol Braif Fatari dan Taufik Hidayat membawa Persija meraih keunggulan laga kandang atas Persib di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Kamis (22/4) malam.

Persija melakukan rotasi pemain dalam leg pertama ini. Pelatih Persija Sudirman menurunkan dua pemain muda, Braif Fatari dan Taufik Hidayat, serta menyimpan Marco Simic di bangku cadangan.

Sementara tidak banyak perubahan yang terjadi di kubu Persib. Pelatih Persib, Robert Rene Alberts, hanya mengganti Dedi Kusnandar dengan Abdul Aziz.

Babak pertama diawali dengan gol cepat dari pemain muda Persija, Braif Fatari, yang mengeksekusi dengan baik umpan Taufik Hidayat di menit pertama. Unggul satu gol, skuad Macan Kemayoran justru tetap menyerang lini pertahanan Persib.

Persib yang masih terkejut dengan gol cepat tersebut kembali mendapat gempuran dari Persija. Menit delapan, Taufik Hidayat mencetak gol dari umpan Riko Simanjuntak. Skor berubah menjadi 2-0 kurang dari sepuluh menit. Menit 20, pemain asing Persija Marc Klok berusaha untuk menjebol gawang Made Wirawan meski masih bisa diantisipasi.

Menit 34, tendangan pojok gelandang Persib Febri Hariyadi masih bisa dihalau oleh lini belakang Persija. Wasit memberikan empat menit perpanjangan waktu. Sayangnya, tendangan Febri masih meleset di atas mistar gawang. Babak pertama berakhir dengan skor 2-0 atas keunggulan Persija.

Babak kedua diawali dengan pergantian tiga pemain dari Persib Bandung. Hasilnya, lini serang skuad Maung Bandung mulai hidup dengan peluang dari Wander Luiz di menit 51, namun gagal membuahkan hasil.

Menit 58, Wander Luiz kembali kehilangan peluang di kotak penalti usai dihalau oleh bek Persija Tony Sutjipto. Persib kembali memiliki beberapa peluang untuk menekan lini pertahanan Persija meski belum ada gol tercipta.

Menit 74, tendangan langsung striker Persib Ezra Walian berhasil diantisipasi oleh kiper Persija Andritany. Serangan balik pun dilakukan Persija meski Braif gagal mengeksekusi peluang yang didapatnya.

Menit 84, striker Persija Simic melihat peluang dengan mengumpan bola ke Riko meski masih bisa diantisipasi oleh Made Wirawan. Wasit memberikan perpanjangan waktu selama lima menit.

Sayangnya serangan bertubi-tubi Persib gagal membuahkan hasil. Leg pertama final pun berakhir dengan skor 2-0 untuk keunggulan Persija.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA