Wednesday, 30 Ramadhan 1442 / 12 May 2021

Wednesday, 30 Ramadhan 1442 / 12 May 2021

Mbappe, Messi, dan Lewandowski, Unggulan Ballon d'Or 2021

Jumat 23 Apr 2021 01:56 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

Bintang PSG Kylian Mbappe.

Bintang PSG Kylian Mbappe.

Foto: AP/Francois Mori
Penilaian didasarkan pada performa dan kontribusi para pemain tersebut terhadap klub.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Setelah absen selama setahun akibat pandemi Covid-19, ajang penghargaan terhadap pesepak bola terbaik sejagat, Ballon d'Or, rencananya akan kembali bergulir. Pada gelaran Ballon d'Or 2021 setidaknya ada tiga nama pemain yang dijagokan untuk menyabet salah satu penghargaan paling bergengsi sejagat tersebut.

Pada musim lalu, striker Bayern Muenchen, Robert Lewandowski, menjadi pemain yang paling bersinar. Selain berhasil mengantarkan Die Bayern meraih tiga gelar sekaligus, striker asal Polandia itu juga mampu tampil begitu impresif, dengan torehan 55 gol dari 47 laga. Penghargaan pesepak bola terbaik 2020 versi FIFA akhirnya disabet oleh Lewandowski.

Sayangnya, Lewandowski gagal mengawinkan gelar pemain terbaik versi FIFA itu dengan penghargaan Ballon d'Or. Pasalnya, penyelenggara Ballon d'Or memutuskan untuk tidak menggelar anugerah penghargaan Ballon d'Or pada 2020 lantaran pandemi Covid-19. Padahal, banyak pihak menilai, Lewandowksi layak menyabet penghargaan keluaran France Football tersebut.

Kendati begitu, pada musim ini, persaingan memperebutkan gelar Ballon d'Or rasanya terbuka cukup lebar. Laman Sportskeeda pada Kamis (22/4) pun telah membuat daftar pemain yang layak masuk dalam nominasi dan akhirnya mendapatkan penghargaan Ballon d'Or 2021.

Dari 10 nama yang telah masuk dalam daftar tersebut, ada tiga nama yang berada di posisi teratas. Mereka adalah penyerang Paris Saint-Germain (PSG), Kylian Mbappe, penyerang Barcelona, Lionel Messi, dan Lewandowski. Penilaian ini tentu didasarkan pada performa dan kontribusi yang diberikan pemain-pemain tersebut terhadap klubnya masing-masing pada musim ini, terhitung hingga April 2021.

Baca juga : Sudirman Persembahkan Kemenangan Persija untuk Jakmania

- Kylian Mbappe

Penyerang berusia 22 tahun itu terbukti menjadi aktor sentral dalam keberhasilan PSG melangkah ke babak semifinal Liga Champions. Setelah mencetak hattrick di Stadion Camp Nou dan mengantarkan PSG menyingkirkan Barcelona, 4-2, di babak 16 besar, Mbappe menyumbang dua gol saat PSG membungkam Muenchen, 3-2, di leg pertama babak perempat final. Ujungnya, PSG berhasil menyingkirkan juara bertahan Liga Champions itu usai unggul agrestivitas gol tandang.

Secara keseluruhan, Mbappe telah mencetak 35 gol dan 10 assist dari 41 penampilan di semua ajang. Dengan meniliki tren positif performa Mbappe, bukan tidak mungkin, eks penyerang AS Monaco itu bisa menambah catatan golnya pada sisa musim ini.

- Lionel Messi

Terlepas dari berbagai polemik soal kelanjutan kiprahnya bersama Barcelona pada awal musim ini, Messi tetap menjadi pemain andalan Blaugrana pada musim ini. Meski gagal membawa Blaugrana bertahan di Liga Champions, pemain berjuluk La Pulga itu berhasil mempersembahkan titel Copa del Rey musim ini dan membawa Barcelona masih terlibat langsung dalam perburuan gelar juara La Liga.

Meski sempat mengalami kesulitan dalam menemukan performa terbaiknya pada awal musim ini, Messi terbukti bisa kembali bangkit pada 2021. Di partai final Copa del Rey, pemain dengan koleksi Ballon d'Or terbanyak di sepanjang sejarah itu mencetak dua gol dan mengantarkan Barca membungkam Athletic Bilbao, 4-0. Messi tercatat telah mengemas 31 gol dan 13 assist dari 40 penampilan di semua ajang. Dari 31 gol tersebut, 21 gol dicetak Messi pada 2021.

- Robert Lewandowski

Kegagalan Muenchen mempertahankan titel Liga Champions pada musim ini mungkin membuat peluang Lewandowski untuk merebut gelar Ballon d'Or kian tipis. Namun, eks striker Borussia Dortmund itu terbukti mampu menjaga konsistensi performa di level individu. Setelah berhasil mengemas 55 gol dari 47 penampilan pada musim lalu, Lewandowski masih berada dalam jalur yang tepat untuk mengulangi catatan performa tersebut.

Pada musim ini, Lewandowksi telah mengemas 42 gol dan delapan assist dari 36 penampilan di semua ajang. Torehan performa itu sudah membawa Lewandowksi mengulangi catatan penampilan terbaik ketiganya sejak resmi mengenakan seragam Muenchen pada 2014 silam. Selain torehan 55 gol pada sepanjang musim lalu, Lewandowski pernah mengemas 43 gol dalam satu musim kompetisi, tepatnya pada musim 2016/2017.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA