Kamis 22 Apr 2021 19:33 WIB

Menkeu Siapkan Dana Groundbreaking Ibu Kota Baru Rp 1,7 T

Pada 2019, pemerintah mencatatkan total anggaran ibu kota negara sebesar Rp 466 T.

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya
Ibu Kota Negara Pindah ke Kaltim
Foto: Infografis Republika.co.id
Ibu Kota Negara Pindah ke Kaltim

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah menyiapkan anggaran ibu kota baru sebesar Rp 1,7 triliun. Pemerintah akan memulai pembangunan atau groundbreaking Istana Kepresidenan di ibu kota baru pada tahun ini. 

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan anggaran ibu kota negara ada di masing-masing kementerian dan lembaga. “Groundbreaking dilakukan jika persiapannya sesuai rencana dalam masterplan,” ujarnya saat konferensi pers APBN Kita, Kamis (22/4).

Baca Juga

Secara rinci, belanja persiapan berbagai infrastruktur dasar di ibu kota baru sebesar Rp 800 miliar. Anggarannya tersebar di beberapa kementerian, seperti Kementerian PUPR, Kemenhub, KLHK, hingga ATR/BPN. 

"Dan ada dana belanja PDF (project development fund) Rp 900 miliar yang sifatnya non kementerian lembaga," ucapnya. 

Pada 2019, pemerintah mencatatkan total anggaran ibu kota negara sebesar Rp 466 triliun, yang terbagi sebesar Rp 89,4 triliun yang berasal dari APBN, sebesar Rp 253,4 triliun dari KPBU kerja sama pemerintah dan badan usaha, dan sebesar Rp 123,2 triliun dari swasta. 

Sebelumnya Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan pemerintah akan memulai pembangunan atau groundbreaking Istana Kepresidenan di ibu kota baru pada tahun ini. 

“Kami berharap target pembangunan Istana Presiden di ibu kota baru itu bisa selesai pada 17 Agustus 2024, sehingga Upacara HUT ke-79 Indonesia dilakukan di ibu kota baru, Kalimantan Timur,” ujarnya saat rapat kerja dengan Komisi XI DPR, Rabu (17/3).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement