Ketupek Menu Favorit Berbuka Warga Pariaman

Red: Agung Sasongko

Kamis 22 Apr 2021 18:50 WIB

Pedagang menyiapkan katupek gulai tunjang untuk takjil di Pasar Kuraitaji, Pariaman, Sumatera Barat, Sabtu (17/4/2021). Katupek gulai tunjang adalah ketupat sayur khas Pariaman yang berisi tunjang atau bagian dari kaki sapi/kerbau yang tebal dan kenyal menjadi kuliner favorit untuk berbuka puasa yang dijual mulai Rp20 ribu hingga Rp60 ribu per porsi tergantung ukuran. Foto: Antara/Iggoy el Fitra Pedagang menyiapkan katupek gulai tunjang untuk takjil di Pasar Kuraitaji, Pariaman, Sumatera Barat, Sabtu (17/4/2021). Katupek gulai tunjang adalah ketupat sayur khas Pariaman yang berisi tunjang atau bagian dari kaki sapi/kerbau yang tebal dan kenyal menjadi kuliner favorit untuk berbuka puasa yang dijual mulai Rp20 ribu hingga Rp60 ribu per porsi tergantung ukuran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Ketupek atau ketupat gulai tunjang merupakan salah satu menu favorit berbuka puasa bagi warga Pariaman, Sumatera Barat."Penjualan ketupat gulai tunjang saya masih sama dengan hari biasa atau sebelum bulan puasa, tidak ada perubahan," kata salah seorang pedagang katupek gulai tunjang M. Idrus (40) di Desa Sikabu, Kecamatan Pariaman Selatan, Kamis (22/4).

Ia mengatakan pada hari biasa dalam sehari atau 24 jam dirinya dapat menjual delapan kaki sapi dan kerbau dengan dipotong berbagai ukuran.Pada saat bulan puasa penjualan katupek gulai tunjangnya sama dengan hari biasa bahkan waktu penjualannya sekarang hanya beberapa jam menjelang berbuka hingga sahur.

Baca Juga

"Alhamdulillah penjualan tidak ada perubahan, kedai saya tetap ramai pembeli," katanya.

Ia menyebutkan harga katupek gulai tunjang yang dijualnya bervariasi sesuai dengan ukurannya mulai dari Rp20 ribu untuk tunjang sapi, lalu untuk katupek gulai tunjang kerbau dijual dengan harga Rp26 ribu dan Rp29 ribu per porsi. Sedangkan gulai tunjang kerbau tanpa ketupat dijual dengan harga Rp45 ribu dan Rp60 ribu per porsi.