Kamis 22 Apr 2021 17:30 WIB

Anggota DPRD Jabar Ajak Perempuan Teladani Gagasan Kartini

Kaum perempuan memiliki hak mengakses pendidikan juga berlepas dari otoritas adat.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Siti Muntamah Oded MD (Istri Wakil Wali Kota Bandung)
Foto: Istimewa
Siti Muntamah Oded MD (Istri Wakil Wali Kota Bandung)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Anggota DPRD Jabar yang juga Istri Wali Kota Bandung, Siti Muntamah Oded mengajak semua perempuan di Jabar untuk meneladani gagasan Kartini. Hal ini, harus dilakukan dalam upaya memaknai Hari Kartini 21 April 2021.

"Kebebasan yang digagas R.A Kartini adalah kebebasan untuk mencerahkan zaman dan meluruskan cara pandang," ujar Siti Muntamah sebagai Ketua Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga PKS Jawa Barat, Rabu (21/4).

Siti mengatakan, kaum perempuan memiliki hak untuk mengakses pendidikan, mampu berlepas dari otoritas suatu adat, dan mampu berkontribusi di ranah publik tanpa bertolak belakang dengan fitrah yang diemban. 

"Jadi, salah satu  kedalaman makna yang bisa kita gali dari pemikiran Kartini adalah tentang bagaimana perempuan dapat menjadi kontributor peradaban," katanya. 

Menurutnya, berbicara kontributor peradaban, banyak variabel yang harus ditempuh. Karena mengelola dan bukanlah perkara pragmatis. Pertama, kita harus bermodalkan mindset yang baik. Kedua, bagaimana kita berupaya untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat. 

Ketiga, penting bagi kita untuk menjadi adaptive learner (pembelajar yang memiliki daya suai). Keempat, menebar inspirasi berdasarkan kecakapan yang dimiliki. Kelima, kesediaan berinovasi. 

Dari kelima upaya tersebut, kata Siti, adanya korelasi indah dengan idealisme Kartini yang terlanggengkan dalam banyak tulisan, di mana Kartini berharap agar para perempuan berpikir maju. Hal ini bisa kita telisik pada dialog beliau bersama seorang kyai bernama Sholeh bin Umar, di mana Kartini sangat terobsesi untuk memahami ajaran Alquran. 

Hal ini, kata dia, merupakan sebuah representasi tentang urgensi pendidikan bagi kaum perempuan, di mana pendidikan menjadi jendela cara pandang dan kemajuan. “Selamat memaknai Hari Kartini, 21 April 2021. Tetap menjadi insan pembelajar yang berdiri tegak di atas kaidah," ujarnya. 

"Semoga kita senantiasa berhimpun dalam semangat menebar kebaikan untuk lingkungan. Semoga kita semua adalah Kartini-Kartini peradaban yang mampu menginspirasi zaman dengan masing-masing kecakapan yang diampu," papar Siti Muntamah Oded lagi. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement