Wednesday, 6 Zulqaidah 1442 / 16 June 2021

Wednesday, 6 Zulqaidah 1442 / 16 June 2021

Hari Bumi, Bintang K-pop Serukan Bahaya Perubahan Iklim

Kamis 22 Apr 2021 18:14 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Dwi Murdaningsih

Perubahan iklim (Ilustrasi)

Perubahan iklim (Ilustrasi)

Foto: PxHere
Sekitar 31 anggota dari tujuh grup K-pop menyerukan bahaya perubahan ikli,.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL — Bintang K-pop populer bergandengan tangan dalam kampanye menyoroti bahaya perubahan iklim. Mereka menyerukan tindakan lebih berani pada tantangan yang menentukan zaman. Hal itu dilakukan bertepatan dengan peringatan Hari Bumi ke-51 pada Kamis (22/4).

Sekitar 31 anggota dari tujuh grup K-pop, termasuk Oh My Girl, Btob, Day6, dan The Boyz berbagi pemikiran mereka tentang perubahan iklim. Mereka mendorong jutaan penggemarnya di seluruh dunia turut ambil bagian dalam aksi iklim.

Dalam video pertama yang dirilis di situs resmi kampanye, para idola mendefinisikan perubahan iklim dalam satu kalimat, dan menjelaskan apa artinya bagi mereka dengan kata-kata sendiri. Kemudian, tiga video lainnya akan dirilis hingga akhir Juni.

“Sungguh suatu kehormatan besar bagi saya untuk bergabung, sebenarnya,” kata leader Btob, Seo Eun-kwang dilansir The Korea Herald, Kamis (22/4).

Penyanyi kelahiran 22 November 1990 itu menggambarkan perubahan iklim sebagai pekerjaan rumah untuk semua orang yang tidak dapat ditunda. “Saya sangat tertarik dengan masalah lingkungan. Saya berharap kita akan mengatasi perubahan iklim bersama,” ujar Seo Eun-kwang.

Hyojung dari girl band Oh My Girl berkata perubahan iklim adalah masalah yang harus dipikirkan agar hidup lebih bahagia. “Saya yakin tindakan kecil kami untuk lingkungan dapat membawa perubahan berarti. Saya berharap semakin banyak orang peduli dengan perubahan iklim, yang membutuhkan upaya global,” kata Hyojung.

Disponsori Kedutaan Besar Inggris di Korea dan Pusat Media Iklim, kampanye Kstars4climate adalah yang pertama di antara kelompok K-pop, yang bertujuan meningkatkan kesadaran akan perubahan iklim. Kampanye bintang K-pop itu diharapkan dapat menginspirasi jutaan orang bertindak atas perubahan iklim di belakang popularitas K-pop yang luar biasa.

Ada sekitar 1.835 klub penggemar K-pop di 98 negara, mencakup sekitar 100 juta anggota pada 2020. Mereka adalah tambahan terbaru dalam daftar sensasi K-pop yang telah mengangkat suaranya untuk aksi iklim. Lainnya, termasuk Blackpink, yaitu pendukung resmi untuk COP26, dan Red Velvet, yag menjadi duta Hari Udara Bersih Internasional PBB untuk langit biru.

Mengindahkan panggilan bintang favorit mereka, penggemar K-pop yang berpikiran sama di seluruh dunia telah membuat platformnya sendiri, Kpop4Planet untuk mendukung gerakan global keadilan iklim. Momentum aksi iklim tampaknya sedang berkembang di seluruh dunia.

Baca Juga

Tahun ini juga ditandai dengan peristiwa penting untuk mengatasi keadaan darurat iklim, dari KTT P4G di Seoul hingga COP26 PBB di Glasgow.

“Sangat menyenangkan melihat suara Korea yang lebih berpengaruh seperti ini berbicara untuk aksi iklim,” ujar duta besar Inggris untuk Seoul, Simon Smith.

Dia menegaskan krisis iklim adalah tantangan terbesar yang dihadapi manusia. Namun, tantangan itu bisa menjadi kekuatan bersama untuk mengatasinya.

“Kita semua perlu bertindak sekarang untuk melindungi planet kita untuk generasi mendatang,” kata dia. Video dan foto kampanye Kstars4Climate tersedia di situs web resmi kampanye, kstars4climate.com, serta saluran YouTube dan platform media sosialnya dengan tagar #Kstars4climate dan tagar Hangeul yang sesuai.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA