Kamis 22 Apr 2021 13:27 WIB

KPM Kembali Gelar Kompetisi untuk Keluarga Indonesia

Lomba membutuhkan kerja sama yang baik di antara sesama anggota tim

Klinik Pendidikan MIPA (KPM) kembali akan menggelar kompetisi bagi keluarga Indonesia yang dinamakan ROC Family 2.
Foto: kpm
Klinik Pendidikan MIPA (KPM) kembali akan menggelar kompetisi bagi keluarga Indonesia yang dinamakan ROC Family 2.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berkaca pada antusiasme yang tinggi dari keluarga Indonesia ketika mengikuti kompetisi untuk keluarga bertajuk ROC Family, maka pada bulan Mei ini Klinik Pendidikan MIPA (KPM) kembali akan menggelar kompetisi bagi keluarga Indonesia yang dinamakan ROC Family 2. Kompetisi khusus keluarga ini kembali akan mengajak keluarga Indonesia untuk bersaing dan menjadi yang terbaik dalam menjawab soal-soal yang terintegrasi literasi, numerasi serta adab dan akhlak.

Integrasi literasi, numerasi serta adab dan akhlak merupakan terobosan yang dibuat oleh KPM untuk menjadikan adab dan akhlak sebagai bagian yang tak terpisahkan dari proses pembelajaran. Hal ini tidak terlepas dari salah satu visi KPM yaitu “beradab dan membangun peradaban”.  

Insan Indonesia yang cerdas dan beradab serta berakhlak mulia tentunya tidak akan terwujud dengan sendirinya, harus ada proses berkelanjutan yang dilakukan agar hal tersebut dapat terwujud. ROC Family 2 ini adalah salah satu bagian dari prosesnya.

ROC (Read1 Online Competition) Family 2 adalah suatu sarana untuk mengukur pemahaman tentang literasi, numerasi serta adab dan akhlak di samping sebagai sarana untuk mengakrabkan sesama anggota keluarga. Lomba dengan format tim ayah, bunda dan maksimal dua anak tentunya akan berlangsung seru dan sangat membutuhkan kerja sama yang baik di antara sesama anggota tim untuk mendapatkan hasil terbaik.

Kompetisi dengan biaya pendaftaran seikhlasnya ini sudah dibuka pendaftarannya dan akan ditutup pada tanggal 30 April 2021.  Kompetisi akan dilaksanakan secara daring bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional yaitu tanggal 2 Mei 2021 pada pukul 16:00 hingga pukul 17:00. Untuk memastikan kesiapan tim disediakan juga masa tryout yaitu pada tanggal 30 April hingga 1 Mei 2021 dengan waktu bebas tergantung kesiapan tim.

Meskipun kompetisi ini berbiaya seikhlasnya, akan tetapi hadiahnya tidaklah seikhlasnya. KPM telah menyediakan penghargaan sebesar Rp 1.000.000 untuk juara pertama, Rp 750.000 untuk juara kedua dan Rp 500.000 untuk juara ketiga serta paket bingkisan lebaran bagi lima keluarga terbaik.  

Hadiah ini tentu sangat menarik bagi semua tim, akan tetapi keakraban dan pemahaman yang mendalam tentangliterasi, numerasi serta adab dan akhlak sebagai hasil dari persiapan menghadapi kompetisi ini tentunya jauhlebih berharga dibandingkan dengan hanya sekedar mengejar hadiah. Masih ada waktu sekitar seminggu bagi keluarga Indonesia untuk dapat berpartisipasi dalam kompetisi ini. 

Bagi yang sudah mendaftar mari persiapkan keluarga Anda supaya mendapatkan hasil maksimal ketika kompetisi berlangsung. Gunakan masa tryout untuk menguji kesiapan keluarga Anda dan pastikan semua materi sudah dipelajari dan dipahami.

Inilah salah satu sumbangsih KPM dalam memaknai Hari Pendidikan Nasional. Menjadikan pendidikan bukan hanya ranah pendidik dan peserta didik, akan tetapi menjadi bagian dari kehidupan keluarga. Sangat indah rasanya ketika proses pembelajaran dalam suatu keluarga melibatkan seluruh anggota keluarga. Ketika ayah, bunda, dan anak-anak belajar bersamasebagai bagian persiapan untuk berkompetisi, bukan hanya ilmu yang didapat tapi keakraban dan kebersamaan tentu akan didapat juga.

Informasi selengkapnya dapat dilihat di laman https://www.kpm.read1institute.org/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement