Sunday, 4 Syawwal 1442 / 16 May 2021

Sunday, 4 Syawwal 1442 / 16 May 2021

Astronom Temukan Lubang Hitam Kecil Terdekat Bumi

Kamis 22 Apr 2021 14:29 WIB

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih

Lubang Hitam (ilustrasi)

Lubang Hitam (ilustrasi)

Foto: id.wikipedia.org
Lubang hitam kecil ini hanya berukuran 3 kali massa matahari.

REPUBLIKA.CO.ID, OHIO -- Para astronom mengira telah menemukan lubang hitam terdekat yang diketahui ke Bumi. Benda aneh kecil yang dijuluki 'The Unicorn' yang bersembunyi hanya 1.500 tahun cahaya dari Bumi.

Kandidat lubang itu berada di konstelasi Monoceros (unicorn). Massanya  sangat rendah yakni sekitar tiga kali lipat dari matahari.

Pemimpin tim penemuan Tharindu Jayasinghe, peneliti dari The Ohio State University, dilansir di Space, Kamis (22/4) mengatakan The Unicorn memiliki pendamping, bintang raksasa merah membengkak yang mendekati akhir hidupnya. 

Pendamping itu telah diamati oleh berbagai instrumen selama bertahun-tahun, termasuk All Sky Automated Survey dan NASA's Transiting Exoplanet Survey Satellite.

Jayasinghe dan rekan-rekannya menganalisis kumpulan data besar itu dan melihat sesuatu yang menarik. Cahaya raksasa merah bergeser dalam intensitas secara berkala, menunjukkan bahwa objek lain menarik bintang itu dan mengubah bentuknya.

Tim menentukan bahwa objek yang melakukan tarikan kemungkinan besar adalah lubang hitam, yang hanya memiliki tiga massa matahari, berdasarkan detail kecepatan bintang dan distorsi cahaya.

Sama seperti gravitasi bulan yang mendistorsi lautan bumi, menyebabkan laut membengkak ke arah dan menjauh dari bulan, menghasilkan air pasang yang tinggi. Begitu pula lubang hitam mengubah bintang menjadi bentuk seperti bola dengan satu sumbu lebih panjang dari yang lain.

"Penjelasan paling sederhana adalah bahwa itu lubang hitam, dan dalam hal ini, penjelasan paling sederhana adalah yang paling mungkin,"ujar penulis studi Todd Thompson, ketua departemen astronomi Negara Bagian Ohio.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA