Monday, 14 Jumadil Akhir 1443 / 17 January 2022

Tips Aman Minum Kopi Saat Bulan Puasa

Kamis 22 Apr 2021 11:24 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Friska Yolandha

Orang yang terbiasa mengawali harinya dengan minum kopi perlu menyiasati waktu dan cara yang tepat selama bulan puasa. Terlebih, kopi mengandung kafein sehingga meminumnya perlu memperhatikan takaran tertentu.

Orang yang terbiasa mengawali harinya dengan minum kopi perlu menyiasati waktu dan cara yang tepat selama bulan puasa. Terlebih, kopi mengandung kafein sehingga meminumnya perlu memperhatikan takaran tertentu.

Foto: Pexels
Seseorang disarankan meminum kopi setelah makan untuk cegah naiknya asam lambung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Orang yang terbiasa mengawali harinya dengan minum kopi perlu menyiasati waktu dan cara yang tepat selama bulan puasa. Terlebih, kopi mengandung kafein sehingga meminumnya perlu memperhatikan takaran tertentu.

Penyedia layanan mesin kopi pintar otomatis, JumpStart Coffee, membagikan sejumlah kiat supaya minum kopi tetap bisa dilakukan saat sahur dan berbuka. Mengingat, minum kopi telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. 

"Memasuki bulan Ramadhan, masyarakat harus sedikit menyesuaikan rutinitas minum kopi mereka agar tidak mengganggu kenyamanan saat menunaikan ibadah puasa," ujar CEO JumpStart Coffee, Brian Imawan, lewat pernyataan resminya.

Saat sahur atau berbuka, disarankan minum kopi setelah makan, bukan sebelumnya. Pastikan makan besar terlebih dahulu baru untuk mencegah naiknya asam lambung. Dengan begitu, manfaat kafein dapat bekerja lebih tepat, membuat hari lebih produktif.

Kiat selanjutnya, menentukan jumlah wajar konsumsi kopi. Aktivitas berpuasa bisa menjadi salah satu sarana untuk mengatur konsumsi kopi harian yang wajar bagi tubuh, yakni cukup segelas saat sahur dan berbuka atau di salah satu waktu tersebut.

Menunggu waktu berbuka, minuman kopi maupun nonkopi yang telah dibeli sebaiknya disimpan dalam kulkas terlebih dahulu sembari menunggu waktu konsumsi. Hal itu untuk menjaga kualitas rasa dan membuat minuman tidak terkontaminasi suhu ruangan. 

Masyarakat juga bisa membeli kemasan yang lebih besar berukuran satu liter untuk konsumsi beberapa kali dan mengurangi aktivitas belanja keluar rumah yang terlalu sering. Selain lebih praktis, bisa diminum bersama keluarga tercinta.

Aktivitas ngabuburit menjadi waktu yang pas untuk membeli stok kopi dan takjil untuk berbuka. Agar berbuka puasa semakin manis, JumpStart Coffee juga menawarkan lebih dari 20 menu kopi dan minuman non-kopi segar seperti cokelat dan teh matcha. 

Beberapa menu favorit JumpStart Coffee seperti Hazelnut Latte, Caffe Latte Gula Aren, dan Regal Aren Latte, Dark Choco, Milo Dino, dan Matcha Latte. Semua tersedia di gerai JumpStart Coffee dan Smart Vending Machine atau mesin kopi pintar otomatis. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA