Kamis 22 Apr 2021 11:19 WIB

Presiden Xi akan Bertemu Biden dalam KTT Iklim

Biden mengundang puluhan pemimpin dunia untuk bergabung dalam KTT secara virtual.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Dwi Murdaningsih
Berndera China dan Amerika. ilustrasi
Foto: AP / Andy Wong
Berndera China dan Amerika. ilustrasi

IHRAM.CO.ID, BEIJING - Presiden Cina Xi Jinping akan menghadiri konfrensi tingkat tinggi (KTT) perubahan iklim pada Kamis (22/4) waktu setempat. Kedatangan Xi didasari atas undangan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden yang memimpin KTT Iklim 2021.

Ini bakal menjadi pertemuan pertama antara kedua pemimpin sejak pemerintahan baru AS. Biden telah mengundang puluhan pemimpin dunia untuk bergabung dalam KTT secara virtual dua hari yang dimulai pada Kamis.

Baca Juga

"Xi akan menghadiri KTT melalui video dan akan menyampaikan pidato penting," ujar Hua Chunying, juru bicara kementerian luar negeri Cina dalam sebuah pernyataan pada Rabu (21/4).

Beijing dan Washington memang menerus bentrok karena berbagai masalah, mulai dari dugaan pelanggaran hak asasi manusia hingga pengaruh ekonomi Cina atas negara lain. Di Alaska bulan lalu, pejabat AS dan Cina mengadakan pembicaraan langsung tingkat tinggi pertama dan tidak menghasilkan terobosan diplomatik.

Namun kedua negara, dua penghasil emisi gas rumah kaca terbesar di dunia, telah menemukan kembali niat yang sama dalam memerangi perubahan iklim. Pekan lalu, utusan iklim AS John Kerry melakukan perjalanan ke Shanghai untuk bertemu dengan mitranya dari Cina dalam kunjungan tingkat tinggi pertama ke Cina oleh seorang pejabat pemerintahan Biden.  

Keduanya menyepakati tindakan konkret "pada tahun 2020-an" untuk mengurangi emisi. Pembicaraan itu juga menandai dimulainya kembali dialog iklim yang dihentikan selama pemerintahan Donald Trump, yang menarik diri dari perjanjian Paris. Pemerintah Biden telah mengembalikan AS ke Perjanjian Paris 2015 tentang pengurangan emisi karbon global.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement