10 Tips Cegah Kenaikan Berat Badan Selama Puasa Ramadhan

Rep: Adysha Citra Ramadhani/ Red: Dwi Murdaningsih

 Kamis 22 Apr 2021 07:18 WIB

Menimbang berat badan  (ilustrasi) Foto: Independent Menimbang berat badan (ilustrasi)

Banyak orang mengalami kenaikan berat badan justru saat bulan Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tak sedikit orang yang berharap bisa menurunkan berat badan mereka selama menjalani ibadah puasa Ramadhan. Namun seringkali, kenyataan yang terjadi justru sebaliknya.

Seperti diketahui, jendela makan selama berpuasa Ramadhan memang menjadi lebih singkat dibandingkan saat tidak berpuasa. Terlepas dari itu, konsumsi makanan yang berlebih tetap dapat memicu terjadinya penambahan berat badan.

Ahli diet klinis dari Healthbay Clinic Dubai Sara Abdelghany mengungkapkan ada 10 tips sederhana untuk mencegah kenaikan berat badan selama Ramadhan. Berikut ini adalah tips tersebut, seperti dilansir Al Arabiya.

Komposisi
Pastikan komposisi makanan yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka seimbang dan sesuai dengan kebutuhan. Tingkatkan konsumsi sayur dan juga protein, serta konsumsi karbohidrat kompleks secukupnya.

Metode Memasak
Hindari makanan yang diolah dengan metode deep fry. Coba beralih ke cara memasak yang minim penggunaan minyak, seperti memanggang.

Minuman tanpa Kalori
Minuman manis sangat populer di kala Ramadhan. Akan tetapi, kandungan kalori pada minuman manis bisa cukup tinggi. Hindari atau batasi asupan kalori yang berasal dari minuman, misalnya jus buah atau minuman bersoda.

Porsi Buah
Menyantap buah memang menyehatkan. Akan tetapi, hindari mengonsumsi buah kering, kurma, dan kacang-kacangan terlalu banyak. Meski menyehatkan, makanan tersebut juga mengandung kalori yang cukup tinggi.

Baca juga : Ini Amalan Dapatkan Jodoh yang Baik dalam Islam

Makan Secukupnya
Tahan nafsu makan dan hindari menyantap makanan sampai perut terasa sangat kenyang. Biasakan untuk makan secukupnya dan berhenti makan sebelum perut kekenyangan.

70 Persen Cemilan Sehat
Menyantap cemilan tentu diperbolehkan. Akan tetapi, persentase cemilan sehat yang dikonsumsi harus lebih banyak dibandingkan cemilan-cemilan manis. Upayakan agar 70 persen cemilan yang dikonsumsi merupakan cemilan sehat.

Tidak Mengatasi Lapar dengan Mengemil
Saat merasa lapar, pastikan makanan yang dikonsumsi merupakan makanan yang bergizi dan mengenyangkan. Hindari menyantap cemilan manis atau pastry saat merasa lapar.

Batasi Variasi Makanan
Jangan menyajikan terlalu banyak variasi makanan saat sahur atau berbuka. Variasi makanan yang terlalu banyak justru akan mendorong munculnya keinginan untuk terus makan.

Olahraga
Puasa Ramadhan bukan penghalang untuk tetap rutin berolahraga. Akan tetapi, akan lebih baik bila intensitas berolahraga diturunkan selama Ramadhan. Upayakan untuk tetap berolahraga tiga atau empat kali per pekan.

Baca juga : Ini Kopi yang Aman Dinikmati Selama Puasa Ramadhan

Aktif Bergerak
Tetap aktif saat berpuasa juga sangat dianjurkan. Upayakan agar mencapai sekitar 10.000 langkah per hari. Tentu jumlah langkah ini tidak harus dicapai dalam satu waktu, tapi dibagi secara berkala sepanjang hari.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Play Podcast X