Saturday, 26 Ramadhan 1442 / 08 May 2021

Saturday, 26 Ramadhan 1442 / 08 May 2021

Bolehkah Doakan Celaka Perampas Harta Warisan?

Rabu 21 Apr 2021 23:35 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah

Islam mengajarkan agar tak mendoakan celaka orang zalim. Ilustrasi warisan

Islam mengajarkan agar tak mendoakan celaka orang zalim. Ilustrasi warisan

Foto: pxhere
Islam mengajarkan agar tak mendoakan celaka orang zalim

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Mungkin sebagian dari kita ada yang merasa hak waris yang seharusnya diperoleh dirinya telah dirampas orang lain. Kehilangan hak waris ini kemudian menyebabkan gumpalan sakit hati sehingga sulit memaafkan si perampas haknya itu.

Lantas, bagi orang yang mengalami demikian, yang telah dirugikan dalam waktu yang lama karena hak warisnya direbut orang lain, apakah boleh mendoakan orang yang telah menzaliminya dan merampas haknya itu? Anggota Komisi Fatwa Dar Al-Ifta Mesir, Syekh Dr Ali Fakhr, menjelaskan, jika orang yang telah dizalimi membalas dengan doa yang buruk kepada orang yang menzaliminya, maka justru bisa meningkatkan kezalimannya. Sebaliknya, bila mendoakan yang baik-baik misalnya berdoa supaya orang yang merampas hak warisan itu segera mendapat hidayah, ini akan mencerahkan dan membuatnya merasa menyesal. Bahkan atas izin Allah SWT, bisa sampai mengembalikan hak yang telah direbutnya. 

Lebih lanjut, Sekretaris Fatwa Dar Al-Ifta Mesir yang lain, Syekh Abdullah Al-Ajmi menjelaskan ihwal sikap seorang Muslim jika mendapat ketidakadilan. Syekh Al-Ajmi menyampaikan, yang bersangkutan harus banyak memanjatkan doa dan perlu mengucapkan doa yang dicontohkan Aisyah. 

Baca Juga

يا أعدل من حكم يا حسيب من ظًلم يا أولاً بلا بداية ويا أخراً بلا نهاية إجعل لي من أمري فرجاً ومخرجاً "Wahai Dzat Yang Paling Adil di antara orang-orang yang memutuskan, wahai Dzat Yang Menghisab orang-orang yang zalim, wahai Dzat Yang Awal tanpa permulaan, wahai Dzat Yang Akhir tanpa pungkasan, jadikan masalahku lapang dan solusi." Setelah itu, maka Allah SWT akan menghapus ketidakadilan yang terjadi pada diri Anda.

Sumber: masrawy  

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA