Rabu 21 Apr 2021 23:31 WIB

Perempuan Kini Harus Pahami Literasi

Sudah tidak saatnya lagi ada yang namanya sikap diskriminasi terhadap kaum perempuan.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Muhammad Fakhruddin
Perempuan Kini Harus Pahami Literasi. Ilustrasi Kartini
Foto: MGIT4
Perempuan Kini Harus Pahami Literasi. Ilustrasi Kartini

REPUBLIKA.CO.ID,SLEMAN -- Bupati Sleman, Kustini Purnomo mengatakan, perempuan di era milenial saat ini memiliki kesempatan yang luas dalam mengaktualisasikan diri. Kesempatan ini didukung perkembangan teknologi yang memungkinkan diakses oleh setiap orang.

Ia berpendapat, kemudahan akses internet dan teknologi membuat perempuan di era milenial semakin bebas berkarya. Dalam mengaktualisasikan diri, kata Kustini, perempuan bisa menjadikan seorang Kartini sebagai salah satu sosok panutan.

"Salah satu yang positif dari sosok Kartini yang patut dicontoh dan memang harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari saat ini, Kartini seorang penggila aktivitas literasi," kata Kustini di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman, Selasa (20/4).

Hal itu disampaikan dalam dialog budaya dan gelar seni yang mengangkat tema Nyalakan Api Semangat Kartini, Visi Generasi Milenial. Pada kesempatan itu, ditampilkan berbagai jenis kebaya Nusantara dan penampilan seni tari kebyar.

Kustini menekankan, melalui peningkatan literasi kaum perempuan, khususnya generasi milenial, dapat mengembangkan banyak ide dan pemikiran-pemikiran brilian. Sehingga, mereka mampu terus berkarya di bidang yang ditekuni.

Pada kesempatan itu, Penghageng Tepas Tandha Yekti, GKR Hayu menambahkan, demi mewujudkan kesetaraan gender diperlukan komitmen bersama. Menurut Hayu, sudah tidak saatnya lagi ada yang namanya sikap diskriminasi terhadap kaum perempuan.

"Meski begitu, kaum perempuan juga harus mampu menunjukkan keahlian dan keterampilannya," ujar Hayu. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement