Wednesday, 6 Zulqaidah 1442 / 16 June 2021

Wednesday, 6 Zulqaidah 1442 / 16 June 2021

Anies: Perempuan Adalah Garda Terdepan Penanganan Covid

Rabu 21 Apr 2021 22:59 WIB

Rep: Flori Sidebang/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Anies Baswedan turut hadir menyaksikan permainan angklung yang dilakukan oleh ratusan tenaga kesehatan perempuan di Gedung Kesenian Jakarta dalam memeringati Hari Kartini, Rabu, 21 April 2021. Dalam kesempatan itu, Anies mengungkapkan, peran perempuan sangat besar, terutama menjadi garda terdepan dalam penanganan pandemi covid-19.

Foto:
Anies menjelaskan perempuan memegang peran besar di Dinas Kesehatan DKI

Anies menilai, sosok Kartini pun menjadi inspirasi banyak orang. Salah satu buktinya adalah Rumah Sakit Budi Kemuliaan yang berdiri pada tahun 1917.

Ia bercerita, rumah sakit itu didirikan sekelompok orang yang terinspirasi oleh tulisan-tulisan Kartini. Gagasan yang terdapat dalam tulisan itu pun kemudian menggerakan mereka untuk membuat layanan kesehatan tersebut. Adapun Rumah Sakit Budi Kemuliaan yang berada di Jakarta Pusat itu, masih beroperasi hingga sekarang.

"Pelajaran penting dari RA Kartini adalah kekuatan gagasan. RA Kartini hidupnya hanya 25 tahun, tapi gagasannya hidup sampai dengan hari ini," ucap Anies.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti menuturkan, permainan angklung dalam memeringati Hari Kartini ini melibatkan sebanyak 207 tenaga kesehatan. Menurut dia, hal ini sebagai salah satu sarana untuk menghibur para tenaga kesehatan yang setiap hari berjibaku menangani pandemi covid-19 di Jakarta. 

"Kita coba rehat sejenak menghibur tenaga kesehatan, semua pejabat struktural di pejabat tenaga kesehatan dengan juga pejabat perempuan eselon 1, 2 di Pemprov DKI Jakarta. Kita ajak untuk bersama-sama internalisasi budaya kerja tadi," kata Widyastuti. 

 

Ia pun menilai, kegiatan tersebut mampu menghibur para tenaga kesehatan. "Ternyata mereka terhibur karena selama ini hanya berkecimpung dengan infus, memegang vaksin suntikan. Begitu rehat sejenak, ada pencerahan dan lebih baik lagi," tuturnya. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA