Rabu 21 Apr 2021 21:08 WIB

Instagram Luncurkan Fitur Atasi Ujaran Kebencian

Instagram menambahkan filter kata-kata atau emoji untuk menghindari ujaran kebencian.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Instagram
Foto: pexels
Instagram

REPUBLIKA.CO.ID, SAN FRANCISCO—Instagram meluncurkan fitur untuk mencegah pengguna melihat pesan yang mungkin menyinggung atau mengandung ujaran kebencian. Caranya dengan memfilter kata, frasa dan emoji yang menyinggung di aplikasi berbagi foto.

Dilansir dari Malay Mail, Rabu (21/4), Instagram telah mendorong upayanya untuk mengatasi ujaran kebencian dan pelecehan online di platform-nya. Instagram lebih populer daripada aplikasi utama Facebook di kalangan remaja dan dewasa muda.

Baca Juga

Filter yang diaktifkan di Instagram dalam pengaturan privasi, dapat disesuaikan oleh pengguna untuk memasukkan kata, frasa dan emoji yang ingin mereka blokir atau hindari menerima dalam permintaan pesan mereka. Pengguna dapat menggunakan kebijaksanaan mereka untuk melaporkan, menghapus atau membuka pesan, yang akan diurutkan ke dalam folder permintaan tersembunyi.

“Filter, yang hanya berlaku untuk permintaan pesan langsung dan bukan kotak masuk itu sendiri, akan diluncurkan di beberapa negara dalam beberapa pekan mendatang,” kata Instagram.

Mulai dalam beberapa pekan, semua pengguna juga akan memiliki opsi tambahan untuk memblokir orang-orang agar tidak dapat menghubungi mereka di Instagram, setelah memblokir akun mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement