Rabu 21 Apr 2021 21:02 WIB

Mengambil Manfaat dari Segelas Matcha

Matcha tergolong minuman sehat serupa kopi, tetapi dengan kadar kafein rendah.

Rep: Puti Almas/ Red: Nora Azizah
Matcha tergolong minuman sehat serupa kopi, tetapi dengan kadar kafein rendah.
Foto: Pixabay
Matcha tergolong minuman sehat serupa kopi, tetapi dengan kadar kafein rendah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Matcha, salah satu jenis teh hijau yang digiling halus menjadi bubuk menjadi populer bagi banyak orang di seluruh dunia sejak bahan ini diolah sebagai minuman. Tak hanya bisa diolah menjadi secangkir minuman yang nikmat, di balik marna hijau matcha yang cerah, ini bisa berfungsi sebagai sumber tenaga. Bahkan, terdapat manfaat kesehatan yang lebih luas dari matcha yang mungkin belum Anda ketahui. 

Dilansir Health Digest, Rabu (21/4), manfaat utama dari matcha serupa dengan kopi, di mana ini dikemas dengan flavonoid dan L-theanine, ini bisa membuat Anda tetap waspada. Namun, tidak seperti kafein dalam kopi, yang dapat meningkatkan perasaan cemas, L-theanine cenderung meningkatkan fokus sekaligus menurunkan tingkat stres.

Baca Juga

Kafein dalam matcha diketahui hanya sepertiga dari jumlah yang ditemukan di sebagian besar kopi. Ini juga membantu Anda merasa bersemangat dan mengganti kopi dengan matcha seperti di sore sebagai peningkat mood, ini bisa lebih baik karena manfaat tambahan, yaitu tidak merasa stres maupun lesu. 

Matcha dikemas dengan antioksidan yang meningkatkan kesehatan, termasuk katekin, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Ini juga mengandung polifenol, jenis antioksidan penting lainnya yang dapat membantu menurunkan peradangan dalam tubuh. 

Selain itu, matcha juga membantu meningkatkan kesehatan hati dan jantung karena kemampuannya mengurangi kolestrol jahat dalam tubuh. Seperti jenis tek hijau lainnya, matcha juga membantu menurunkan maupun mempertahankan berat badan. 

Bagi Anda yang tidak menyukai rasa teh hijau, matcha cenderung sedikit lebih manis dan lembut dibanding teh hijau pada umumnya. Namun, tetap saja sensasi rasa dari matcha mungkin tidak cocok bagi semua orang. 

Untuk membuat matcha menjadi minuman dengan rasa yang menyenangkan, Anda bisa menggunakannya untuk membuat latte yang lezat. Selain itu, ini juga bisa dicampurkan ke dalam smoothie, setidaknya satu sendok teh. 

Selain itu, matcha bisa ditambahkan ke makanan yang dipanggang, maupun oatmeal Anda di pagi hari. Tentunya, ini akan menambah antioksidan dan manfaat kesehatan lainnya pada sarapan, saat Anda bersiap memulai hari. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement