Sunday, 27 Ramadhan 1442 / 09 May 2021

Sunday, 27 Ramadhan 1442 / 09 May 2021

Membaca Ayat Kursi dalam Mimpi? Ini Penjelasan Ulama

Rabu 21 Apr 2021 20:04 WIB

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah

Sebagian orang pernah bermimpi membaca ayat kursi meski tertidur. Ilustrasi ayat kursi

Sebagian orang pernah bermimpi membaca ayat kursi meski tertidur. Ilustrasi ayat kursi

Foto: republika
Sebagian orang pernah bermimpi membaca ayat kursi meski tertidur

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Sebagian orang mungkin pernah bermimpi tengah membaca ayat Kursi. Apa makna mimpi membaca ayat ke-255 surat Al Baqarah tersebut? 

Mengutip laman mawdoo3, sejumlah ulama membeberkan takwil mimpi membaca ayat kursi sebagai berikut itu pertama, menurut An Nablusi, mimpi ini menunjukkan hafalan dan kecerdasan orang yang membacanya. 

Sementara itu, kedua, Ibnu Syahin menjelaskan mimpi penglihatan membaca ayat suci dan berkata, “Ibnu Sirin berkata bahwa siapapun yang membacakannya kepada individu khususnya, akan aman dari kerusakan dan mendapatkan apa yang diinginkannya. Bisa juga jika dia sakit, akan diberi kesembuhan atau dia akan mendapat pangkat dan kemuliaan. 

Baca Juga

Dan siapa pun yang bermimpi bahwa dia membaca surat Al Baqarah dalam mimpi atau sesuatu darinya atau membacakannya kepadanya, Menurut Imam Nafi’ dan Ibnu Katsir, dia akan diberikan rezeki berupa ilmu pengetahuan, umur panjang, kebaikan dalam agamanya, dan keselamatan pada anaknya. Pendapat ini disetujui Al Kasai yang juga mengatakan bahwa  mimpi itu bermakna akan mendapatkan harta yang diinginkan.

Sedangkan Aisyah menyebutkan bahwa, mimpi membaca ayat kursi atau sebagiannya, dia akan berpindah dari satu tempat ke tempat lain, dan nasibnya berada di lokasi pindah terakhir. 

Ibnu Fadala mengatakan bahwa jika seseorang bermimpi membaca ayat kursi mengikutinya dalam tidur, bila dia seorang hakim maka akhir usianya sudah dekat, dan jika dia adalah seorang ulama yang usia dan kondisinya membaik, dan beberapa ulama mengatakan siapa pun yang membaca Surat al-Baqarah, maka dia akan menjadi pengumpul agama dengan mendapat pahala dengan cepat, berumur panjang, terhindar dari kejahatan dan memiliki kesabaran ketika menghadapi ujian. 

Jika dia membaca ayat Al Kursi dari dalam mimpi, menunjukkan hafalan dan kecerdasannya. Namun jika bermimpi sedang membaca surat Al Baqarah maka akan ada perselisihan warisan yang akan datang oleh anak cucunya.

Sumber: mawdoo3

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA