Azan Boleh Dikumandangkan Selama Ramadhan di Edmonton

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Esthi Maharani

 Kamis 22 Apr 2021 02:35 WIB

Azan dikumandangkan di Edmonton, Kanada Foto: About Islam Azan dikumandangkan di Edmonton, Kanada

Azan adalah hal yang dibutuhkan umat Muslim Kanada untuk merayakan Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, EDMONTON – Salah seorang warga Edmonton, Kanada Moona Khan, mengaku bahagia saat mendengar pengeras suara masjid mengumandangkan azan selama Ramadhan. “Saat mendengarnya, suara itu masuk ke dalam jiwaku. Ini terasa seperti tradisi Anda diiterima di sini,” kata Khan kepada the Canadian Press.

Azan adalah panggilan untuk mengumumkan masuk waktu shalat wajib. Biasanya azan dilarang disiarkan di perkotaan yang bising. Namun, banyak kota di Kanada telah mengizinkan masjid untuk menyiarkan azan melalui pengeras suara saat matahari terbenam selama Ramadhan.

Penasihat Komunitas dan Penjangkauan untuk Asosiasi, Yasin Cetin percaya bahwa menyiarkan azan adalah hal yang dibutuhkan umat Muslim Kanada untuk merayakan Ramadhan. “Tantangannya adalah kita kehilangan hubungan komunal,” kata Cetin sambil duduk di luar Masjid Rahma, sebelah barat Edmonton, dilansir About Islam, Rabu (21/4).

Azan pertama di bulan Ramadhan dibacakan oleh Bilal Moumad (14 tahun) di Masjid Rahma. “Saya hanya ingin memastikan ada anak-anak di luar sana yang terinspirasi untuk mengaji. Beberapa anak pemalu dan saya ingin memberikan kekuatan itu kepada mereka,” kata Moumad.

Ketika Khan mendengar suara Moumed mengumandangkan azan, dia berhenti di mobilnya bersama keluarganya. Suara Moumed berhasil membuatnya terkejut. “Itu adalah sesuatu yang belum pernah saya dengar di Kanada,” ujar dia.

Baca juga : Adzan Terlalu Cepat, Seluruh Jamaah Masjid Batal Puasa

Ramadhan adalah bulan ke-9 dalam kalender Islam Hijriah yang memperingati turunnya Alquran kepada Nabi Muhammad saw. Umat Islam menahan lapar dan haus mulai fajar hingga matahari terbenam.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Play Podcast X