Rabu 21 Apr 2021 16:57 WIB

Gugas Covid-19 DIY Laporkan Sembilan Kasus Meninggal Dunia

Kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19 juga meningkat 229 kasus.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Hiru Muhammad
Anggota Brimob menyemprotkan disinfektan di jalur pedestrian kawasan Malioboro, Yogyakarta, Kamis (10/9). Penyemprotan disinfektan di Malioboro kembali digalakkan menyusul meninggalnya pedagang kali lima yang dinyatakan terjangkit covid-19.
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Anggota Brimob menyemprotkan disinfektan di jalur pedestrian kawasan Malioboro, Yogyakarta, Kamis (10/9). Penyemprotan disinfektan di Malioboro kembali digalakkan menyusul meninggalnya pedagang kali lima yang dinyatakan terjangkit covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA--Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY mencatat tambahan sembilan kasus positif yang meninggal dunia pada 21 April 2021 ini. Sehingga, total kematian Covid-19 di DIY menjadi 919 kasus.

Juru Bicara Penanganan Covid-19 untuk DIY, Berty Murtiningsih mengatakan, kematian Covid-19 di DIY disumbang tertinggi oleh Kota Yogyakarta yaitu sebanyak enam kasus meninggal. Sedangkan, tiga kasus meninggal dunia lainnya terdiri dari dua warga Kabupaten Bantul dari satu warga Kabupaten Sleman. "Untuk persentase kasus meninggal dunia di DIY saat ini masih stagnan di angka 2,44 persen," kata Berty, Rabu (21/4).

Lebih lanjut, kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19 juga meningkat 229 kasus. Ratusan kasus baru ini tersebar di seluruh kabupaten/kota se-DIY.

Tertinggi disumbang oleh Sleman dengan 91 kasus baru dan disusul Bantul yang menyumbang 72 kasus baru. Selain itu, 35 kasus baru disumbang Kabupaten Kulon Progo, 30 kasus baru disumbang Kota Yogyakarta dan satu kasus baru lainnya disumbang Kabupaten Gunungkidul.

Berdasarkan riwayat, sebagian besar kasus baru yang dilaporkan 21 April ini merupakan riwayat dari pelacakan (tracing) kontak kasus. Dari tambahan 229 kasus baru, 177 diantaranya merupakan riwayat tracing."36 kasus baru dari riwayat periksa mandiri, dua kasus baru ada riwayat perjalanan luar daerah, tapi riwayat dari 14 kasus baru lainnya belum diketahui," ujar Berty.

Berty menjelaskan, tambahan 229 kasus baru tersebut juga merupakan hasil pemeriksaan terhadap 819 spesimen dari 805 orang di DIY. Sehingga, total kasus positif di DIY saat ini sudah menyentuh angka 37.589 kasus."Untuk kasus aktif di DIY sendiri ada 4.518 kasus," jelas Berty.

Sementara itu, kesembuhan Covid-19 juga turut meningkat dengan dilaporkannya 242 kasus sembuh di DIY pada 21 April ini. Kulon Progo menyumbang kesembuhan tertinggi yakni 97 kasus sembuh.

Bantul menyumbang 82 kasus sembuh, Kota Yogyakarta menyumbang 25 kasus sembuh, Sleman menyumbang 22 kasus sembuh dan Gunungkidul menyumbang 16 kasus sembuh. Secara kumulatif, kesembuhan di DIY sudah mencapai 32.152 kasus."Persentase kesembuhan di DIY saat ini sebesar 85,54 persen," kata Berty.

 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement