Ramadhan, Momentum Tingkatkan Kepekaan Sosial

Red: Agung Sasongko

 Rabu 21 Apr 2021 16:53 WIB

Ramadhan Foto: ist Ramadhan

Kepekaan sosial inilah yang perlu diimplementasikan di tengah pandemi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wali Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, Edi Rusdi Kamtono mengatakan bulan Ramadhan bagi umat Muslim bisa jadi momentum dalam meningkatkan kepekaan sosial di tengah pandemi COVID-19.

"Kepekaan sosial inilah yang perlu kita implementasikan di tengah pandemi, bagaimana kita peduli dengan orang-orang yang mengalami kesulitan ekonomi akibat pandemi," kata Edi Rusdi Kamtono di Pontianak, Rabu (21/4).

Selain meningkatkan ibadah di bulan suci Ramadan ini, meningkatkan kecerdasan dan kesalehan sosial menjadi bagian yang tidak kalah pentingnya. Terlebih di tengah pandemi COVID-19, dimana tidak sedikit warga terdampak, tingkat pengangguran meningkat, demikian pula angka kemiskinan sehingga perlu kepekaan sosial dalam memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Baca Juga

"Kesalehan sosial adalah suatu bentuk kesalehan yang tidak hanya ditandai oleh ibadah semata, melainkan juga ditandai oleh seberapa besar seseorang memiliki kepekaan sosial dan berbuat kebaikan untuk orang-orang di sekitarnya," ujarnya.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Play Podcast X