Tuesday, 6 Zulhijjah 1443 / 05 July 2022

Keistimewaan Zaid bin Tsabit

Rabu 21 Apr 2021 16:41 WIB

Red: Agung Sasongko

Alquran

Alquran

Foto: Republika/Agung Supriyanto
Zaid bin Tsabit seorang anak yang cerdas dan pintar.

REPUBLIKA.CO.ID, Zaid bin Tsabit seorang anak yang cerdas dan pintar. Keyakinan terhadap risalah yang dibawa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassalam begitu besar meski dalam usia belia. Tak heran, Zaid kecil begitu bersemangat melihat perjuangan kaum Muslimin. 

Sewaktu kecil Zaid membawa pedang yang tingginya melampaui tubuhnya. Ia ingin ikut bersama Rasulullah SAW mengikuti Perang Badar. Rasulullah gembira dan takjub melihat semangat Zaid. Namun, beliau menolak mengikutsertakan Zaid dalam perang. Usianya masih muda, itulah pertimbangan Rasulullah menolak keinginan Zaid.

Baca Juga

Zaid tak patah semangat. Ia punya jalur lain untuk mendukung perjuangan Rasulullah SAW. "Wahai Rasulullah, ini anak kami Zaid bin Tsabit, dia hafal 17 surah dari Alquran. Di samping itu, dia pandai baca tulis Arab. Tulisannya indah, bacaannya lancar. Dia ingin berbakti kepada Anda dengan keterampilan yang ada padanya, dan ingin pula mendampingi Anda selalu. Jika Anda mengkhendaki silahkan dengarkan bacaannya," kata Nuwar binti Malik, ibunda Zaid kepada Rasulullah.

Rasulullah pun mendengarkan Zaid membaca sebagian ayat-ayat suci Alqura. Bacaanya memang bagus, betul, dan fasih. Kalimat-kalimat dalam Alquran bagaikan berkelap-kelip di bibirnya. Bacaannya menimbulkan pengaruh dan berkesan. Rasulullah sangat gembira dengan apa yang dilihatnya. Menolehlah Rasulullah pada Zaid. "Hai Zaid, pelajari bahasa Yahudi (Ibrani). Saya sangat tidak percaya mereka, bila saya didiktekan sebagai sekretaris saya," kata Rasulullah.

"Siap ya Rasulullah," kata Zaid sigap.

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA