Friday, 26 Syawwal 1443 / 27 May 2022

Jozeph Paul Zhang Tantang Debat Menag, Begini Tanggapan PBNU

Rabu 21 Apr 2021 16:09 WIB

Rep: Haura Hafizah/ Red: Agung Sasongko

Youtuber Joseph Paul Zhang

Youtuber Joseph Paul Zhang

Foto: google.co.id
Jozeph Paul Zhang menantang Menag untuk berdebat soal agama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Marsudi Syuhud menanggapi Youtuber Jozeph Paul Zhang (JPZ) yang menantang ingin melakukan debat dengan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas tentang agama.

"Ya, saya lihat orangnya sudah jadi DPO dan ditangani oleh kepolisian. Ya, sudah tinggal dibuktikan saja JPZ melanggar hukum atau tidak. JPZ bisa menantang debat kepada Menag pasti ada berbagai macam tujuan. Saya tidak tahu tujuannya apa dan tidak bisa meraba-raba. Yang jelas kejadian orang yang mengaku Nabi sudah ada sejak zaman Rasullah SAW," katanya saat dihubungi Republika.co.id, Rabu (21/4).

Baca Juga

Saat zaman Rasulullah SAW, kata Kiai Marsudi, banyak yang mengaku sebagai nabi, di antaranya ada al-Aswad al-'Ansi, Thulaihah ibn Khuwailid al-Asadi, Musailamah al-Kadzdzab, dan sebagainya. Jadi, ia menyarankan untuk saat ini masyarakat harus meyakini agama islam yang sesungguhnya.

"Masyarakat harus yakin kalau di agama Islam, Nabi terakhir itu Nabi Muhammad. Jadi, kalau ada yang mengaku sebagai Nabi keberapa kek atau gimana, tidak gampang percaya. Kami semua tidak bisa mencegah banyak orang yang ingin melakukan sesuatu dengan tujuan tertentu. Kami hanya bisa percaya apa yang diyakini sesuai agama Islam," kata dia.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA