Rabu 21 Apr 2021 15:18 WIB

UNS Masuk Peringkat 201-300 Dunia THE Impact Ranking

Prestasi ini didapatkan UNS setelah menyandang status PTNBH pada Oktober 2020.

Rep: Binti Sholikah/ Red: Dwi Murdaningsih
Universitas Sebelas Maret
Universitas Sebelas Maret

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo masuk di peringkat 201-300 dunia pada Times Higher Education (THE) Impact Ranking setelah mengantongi status menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH) pada Oktober 2020. Peringkat tersebut dirilis oleh THE pada 21 April 2021.

Rektor UNS, Jamal Wiwoho mengatakan, THE Impact Ranking merupakan perankingan perguruan tinggi yang berfokus pada penilaian terkait dengan kontribusi dalam pencapaian United Nations Sustainable Development Goals (SDGs). Indikator yang digunakan berdasarkan pada aspek research, outreach dan stewardship.

Baca Juga

"Alhamdulillah UNS berhasil masuk di peringkat 201-300 dunia pada THE Impact Ranking dari 1.115 perguruan tinggi di dunia yang dinilai," kata Jamal seperti tertulis dalam siaran pers, Rabu (21/4).

Selain itu, dalam THE Impact Ranking 2021, UNS menempati peringkat ke-28 dunia untuk kategori SDG ke-4 terkait dengan Quality of Education. Untuk SDG ke-4 ini, UNS merupakan perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki peringkat tertinggi.

THE ini adalah lembaga perangkingan yang bereputasi dari UK - Inggris. QS dan THE merupakan dua lembaga pemeringkatan perguruan tinggi yang paling diakui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam hal ini Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi menggunakan QS dan THE sebagai indikator perguruan tinggi berkelas dunia.

Jamal menambahkan prestasi ini patut disyukuri karena menjadi pertama kalinya UNS masuk dalam perangkingan THE Impact Ranking dan bisa langsung berada pada posisi 201-300 dunia. Hasil itu menunjukkan UNS berkomitmen tinggi dan berkontribusi dalam pencapaian SDGs. Masuknya UNS di peringkat ke-28 dunia untuk SDG ke-4 juga dinilai menunjukkan kontribusi UNS dalam meningkatkan kualitas pendidikan memperoleh apresiasi yang tinggi di tingkat dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement