6 Cara Jaga Kulit Tetap Sehat Selama Puasa

Red: Nora Azizah

 Rabu 21 Apr 2021 13:58 WIB

Kurang mengonsumsi air selama puasa bisa menyebabkan dehidrasi pada kulit. Foto: Sciencealert Kurang mengonsumsi air selama puasa bisa menyebabkan dehidrasi pada kulit.

Kurang mengonsumsi air selama puasa bisa menyebabkan dehidrasi pada kulit.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan kulit kerap kali terasa lebih kering dan bersisik. Hal ini muncul biasanya akibat tubuh mengalami dehidrasi.

Tubuh manusia terdiri dari 60 persen air dan setiap sistemnya bergantung pada air, tidak terkecuali kulit. Ketika berpuasa dan asupan air berkurang, tubuh akan menyerap kelembapan pada kulit untuk memenuhi cairan tubuh, yang bisa membuat kulit menjadi lebih kering saat berpuasa.

Chief Marketing Officer dari jenama kosmetik asal Indonesia Joselin, Syefriandhi, di Jakarta pada Rabu (21/4), mengungkapkan sejumlah cara agar kulit tetap sehat dan glowing selama puasa, berikut tipsnya.

Baca Juga

1. Konsumsi air putih yang cukup
Untuk menghindari rasa tak nyaman akibat kulit kering tersebut, kita harus menjaga kelembapan kulit. Hal pertama yang harus diperhatikan tentunya adalah memperhatikan asupan cairan.

Minum setidaknya dua liter air dalam sehari untuk menjaga elastisitas kulit. Anda bisa mengatur asupan air di saat-saat berbuka hingga sahur.

 

2. Perbanyak sayur dan buah

Selain itu perbanyak makan buah dan sayur karena selain mengandung air, buah dan sayur juga mengandung nutrisi serta vitamin yang dibutuhkan kulit. Pilih buah dan sayur yang mengandung vitamin C karena vitamin C mampu merangsang produksi kolagen yang bisa menjaga elastisitas kulit.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Play Podcast X