Rabu 21 Apr 2021 13:30 WIB

UNS Masuk Peringkat 201-300 Dunia pada THE Impact Ranking

Indikator yang digunakan berdasarkan pada aspek research, outreach, dan stewardship.

Rep: Binti Sholikah/ Red: Fernan Rahadi
Gerbang kampus Universitas Sebelas Maret (UNS).
Foto: Dok UNS
Gerbang kampus Universitas Sebelas Maret (UNS).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo berhasil masuk di peringkat 201-300 dunia pada Times Higher Education (THE) Impact Ranking setelah mengantongi status menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH) pada Oktober 2020. Peringkat tersebut dirilis oleh THE pada 21 April 2021.

Rektor UNS, Jamal Wiwoho mengatakan, THE Impact Ranking merupakan perankingan perguruan tinggi yang berfokus pada penilaian terkait dengan kontribusi dalam pencapaian United Nations Sustainable Development Goals (SDGs). UNS Selain itu, dalam THE Impact Ranking 2021, UNS menempati peringkat ke-28 dunia untuk kategori SDG ke-4 terkait dengan Quality of Education. Untuk SDG ke-4 ini, UNS merupakan perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki peringkat tertinggi.

"Alhamdulillah UNS berhasil masuk di peringkat 201-300 dunia pada THE Impact Ranking dari 1.115 perguruan tinggi di dunia yang dinilai," kata Jamal dalam siaran pers, Rabu (21/4).

Jamal menambahkan prestasi ini patut disyukuri karena menjadi pertama kalinya UNS masuk dalam perangkingan THE Impact Ranking dan bisa langsung berada pada posisi 201-300 dunia. Hasil itu menunjukkan UNS berkomitmen tinggi dan berkontribusi dalam pencapaian SDGs. Masuknya UNS di peringkat ke-28 dunia untuk SDG ke-4 juga dinilai menunjukkan kontribusi UNS dalam meningkatkan kualitas pendidikan memperoleh apresiasi yang tinggi di tingkat dunia.

"THE ini adalah lembaga perangkingan yang bereputasi dari UK-Inggris. QS dan THE ini dua lembaga pemeringkatan perguruan tinggi yang paling diakui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam hal ini Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi menggunakan QS dan THE sebagai indikator perguruan tinggi berkelas dunia. Kami dari UNS akan berkomitmen terus untuk berkarya dalam pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi," kata Guru Besar Ilmu Hukum UNS tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement